nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kasus Virus Corona Capai 3.503, Kemenhan AS Mengakui Keterbatasan Tim Medis

Rachmat Fahzry, Okezone · Rabu 18 Maret 2020 09:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 18 18 2185061 kasus-virus-corona-capai-3-503-kemenhan-as-mengakui-keterbasan-tim-medis-QN7EB35kX0.JPG Gedung Kemenhan AS. (Foto/Kemenhan AS)

WASHINGTON – Kementerian Pertahanan Amerika Serikat mengakui bahwa pihaknya memiliki keterbatsan jumlah tim medis untuk memerangi pandemi virus corona atau Covid-19.

Data Organisasi Kesehatan Dunia per 17 Maret, jumlah kasus di AS mencapai 3.503, 1.825 kasus baru pada Senin 16 Maret. Sedangkan jumlah kematian di negara 58 jiwa.

Juru Bicara Kemenhan AS Jonathan Hoffman mengutip VOA, Rabu (18/3/2020) memperingatkan tanggapan Pentagon terbatas karena misi, tenaga medis, dan fasilitasnya.

"Kami hanya ingin memastikan perbincangan yang sedang dilakukan disertai informasikan fakta-fakta mengenai apa yang mungkin dan apa yang tidak, dan apa konsekuensinya," kata juru bicara Pentagon, Jonathan Hoffman.

Baca juga: Cara Berbagai Negara Melawan Pandemi Virus Corona: Lockdown hingga Perbanyak Tes Covid-19

Baca juga: Hindari Wabah Corona, Ratu Elizabeth Menyepi ke Istana Windsor

Brigadir Jenderal Paul Friedrichs dari Kemenhan AS juga menjelaskan ada sekitar tiga puluhan rumah sakit militer di AS, yang diberi tugas, utamanya untuk menyediakan perawatan medis bagi anggota militer aktif dan keluarga mereka.

"RS tersebut bukan RS yang berkapasitas 1.000 tempat tidur," kata Friedrichs. "Jadi ukurannya beragam."

Ia menjelaskan banyak di antara rumah sakit digunakan untuk mendukung keperluan militer AS.

"Mengenai tenda dan tenda rumah sakit, sekali lagi faktor keterbatasannya adalah personil," kata Hoffman.

"Meskipun kita mampu membangun tenda untuk rumah sakit, kita masih membutuhkan dokter, perawat, kita perlu petugas kesehatan. Kita membutuhkan peralatan di sana," jelas Hoffman.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini