Pandemi Corona, Semua Pintu dan Pos Perbatasan Negara di Kalbar Ditutup

Ade Putra, Okezone · Rabu 18 Maret 2020 11:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 18 340 2185137 pandemi-corona-semua-pintu-dan-pos-perbatasan-negara-di-kalbar-ditutup-LcQkS22cv8.jpg Foto Istimewa

PONTIANAK - Pintu atau pos perbatasan negara Indonesia dengan Malaysia di Kalimantan Barat diminta untuk ditutup sementara waktu. Hal ini menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Nomor 44A/2438/SJ tanggal 17 Maret 2020 tentang Pencegahan Penyebaran Corana Virus Disease (COVID-19) di Lingkungan Pemerintah Daerah.

"Saya sudah meminta agar menutup Pintu Pos Lintas Batas Negara (PLBN) atau Pos Lintas Batas (PLB) yang ada di Kalimantan Barat," kata Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji, Selasa (18/3/2020).

Di Kalimantan Barat, setidaknya ada lima kabupaten yang berbatasan langsung dengan Sarawak, Malaysia. Di antaranya: Kabupaten Sanggau, Bengkayang, Sambas, Sintang dan Kapuas Hulu.

Tiga diantaranya sudah bertatus PLBN, yakni PLBN Entikong di Sanggau, PLBN Aruk di Sambas dan PLBN Nanga Badau di Kapuas Hulu. Sementara di Bengkayang dan Sintang masih berstatus PLB.

Instruksi penutupan pos dan pintu perbatasan ini juga menindaklanjuti Surat Gubernur Kalimantan Barat Nomor 800/0828/Kesra-B tanggal 13 Maret 2020 tentang Hal Kewaspadaan dan Kesiapsiagaan Terhadap Penyebaran dan Penularan Virus Corona (Covid-19) di Provinsi Kalimantan Barat.

Instruksi untuk menutup pos dan pintu perbatasan ini sedianya sudah mulai diberlakukan sejak Selasa 17 Maret 2020 pukul 18.00 Wib sampai dengan batas waktu yang belum dapat ditentukan.

"Saya juga meminta untuk menyiapkan sarana dan prasarana pemeriksaaan khusus Covid-19 bagi para pelintas batas di masing-masing PLBN dan PLB. Diharap perintah ini dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab," kata Sutarmidji.

Seperti diketahui, surat perintah ditujukan ke Bupati Sambas, Sanggau, Sintang, Bengkayang dan Kapuas Hulu. Serta ditujukan kepada Administrator PLBN Aruk, PLBN Entikong dan PLBN Nanga Badau.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini