4 Pasien PDP di RSUP M Djamil Padang Dinyatakan Negatif Corona

Rus Akbar, Okezone · Rabu 18 Maret 2020 19:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 18 340 2185435 4-pasien-pdp-di-rsup-m-djamil-padang-dinyatakan-negatif-corona-Iw5NTERYiA.jpg RSUP M Djamil Padang (foto: Okezone/Rus Akbar)

PADANG - Empat pasien yang sempat dirawat di ruang isolasi RSUP M Djamil Padang, Sumatera Barat dengan status Pasien Dalam Perawat (PDP) dinyatakan negatif virus corona, termasuk yang meninggal dunia sepulang umrah.

“Terkait update dengan laporan hasil pemeriksaan pasien yang dikirim ke Litbangkes itu, negatif semuanya. Termasuk satu yang meninggal setelah pulang dari umrah. Kepastian itu merupakan hasil dari pemeriksaan swab tenggorokan dan hidung para pasien di Litbangkes Kementerian Kesehatan,” kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno di istana Gbuernur Sumbar, jalan Jenderal Sudirman, Rabu (18/3/2020).

Baca Juga: 2 dari 4 Pasien PDP Kota Malang Pernah Kontak dengan Positif Corona di Solo 

Infografis Okezone

Irwan menegaskan, warga di Sumbar belum ada yang dinyatakan positif corona. Bahkan sebagian Orang Dalam Pemantauan (ODP) juga mulai lepas dari statusnya.

“Kita meminta masyarakat untuk tetap tenang, dan tidak terlalu cemas dengan wabah corona ini. Begitu juga bagi keluarga dan masyarakat di sekitar kediaman pasien yang sebelumnya dinyatakan meninggal dunia," terangnya.

"Kalau yang meninggal itu negatif tidak usah cemas kepada keluarga. Sementara tiga yang negatif lainnya akan dipulangkan dari Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) M Djamil,” sambung Irwan.

Sementara Direktur Utama RSUP M Djamil Padang, Yusirwan Yusuf menambahkan, pasien yang meninggal dunia itu setelah diagnosa mengalami radang paru-paru. Hasil pemeriksaan memastikan pasien bukan terjangkit virus corona.

“Bukan Mers-CoV dan Covid-19. Sudah banyak komplikasi penyakit pasien ini,” katanya.

Pasien yang dinyatakan meninggal dunia itu menurut riwayatnya, pasien tersebut plang umrah pada 7 Maret, sesampai di Tanah Air pasien mengalami demam, batuk serta sesak nafas pada 10 Maret lalu dirujuk ke RSUP M Djamil. Setelah dirawat pihak rumah sakit pada 13 Maret lalu pasien dinyatakan meninggal dunia.

Baca Juga: Pasien Suspect MERS Meninggal di RSUP Djamil Padang


(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini