Vladimir Putin Merasa Tidak Perlu Jalani Pengujian Corona

Medikantyo, Okezone · Jum'at 20 Maret 2020 20:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 20 18 2186654 vladimir-putin-merasa-tidak-perlu-jalani-pengujian-corona-91uwwj1Iif.jpg Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: Okezone.com/Wikimedia)

MOSCOW - Presiden Rusia Vladimir Putin hingga saat ini disebut belum menjalani pengujian terkait penularan virus corona (COVID-19). Kantor kepresidenan Rusia menyebut Putin tidak membutuhkan pengujian dalam jangka waktu dekat, karena dalam kondisi sehat serta tidak menunjukkan gejala virus COVID-19.

Terdapat protokol pemeriksaan kepada seluruh peserta kegiatan sang presiden, sejak merebaknya wabah virus corona secara global. Hal itu diungkapkan oleh juru bicara kantor kepresidenan Rusia, Dmitry Peskov, dalam sesi telekonferensi seperti dilansir dari laman Reuters.

"Langkah pencegahan ini dilakukan agar Presiden Putin bisa menjalankan tugasnya dengan tenang. Kami bersyukur sejauh ini Presiden selalu merasa bekerja dalam kondisi baik," kata Peskov.

Sebelumnya pejabat tinggi di kantor pemerintahan Rusia menjalani tes serupa termasuk Peskov.

Contoh pengujian infeksi virus corona berkaitan dengan agenda Presiden Putin, kali terakhir dilakukan jelang pertemuan dengan perwakilan asal wilayah Krimea pada pekan ini.

Protokol itu dilakukan sebagai persiapan acara pemberian penghargaan kenegaraan terhadap perwakilan wilayah, yang dihadiri Putin.

Rusia sampai saat ini menjadi negara dengan jumlah kasus terinfeksi virus corona paling sedikit di daratan Eropa.

Berdasarkan data hingga Jumat (20/3/2020), terdapat sebanyak 199 temuan kasus positif tertular virus corona di Rusia. Terdapat sembilan orang pasien yang dinyatakan sembuh total, sementara satu orang pasien dinyatakan meninggal dunia.

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini