Timor Leste Konfirmasi Kasus Pertama Virus Corona

Rachmat Fahzry, Okezone · Sabtu 21 Maret 2020 15:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 21 18 2186939 timor-timur-konfirmasi-kasus-pertama-virus-corona-XYFzf0xlTr.jpg Partikel virus korona jenis baru. (Foto/WebMD)

DILI - Timor Leste melaporkan kasus pertama virus corona atau Covid-19. Hal itu disampaikan Kementerian Kesehatan Timor Timur, Sabtu (21/3/2020).

Kemenkes Timor Leste menyitir Reuters, menambahkan bahwa kasus berasal dari seseorang yang baru saja kembali dari luar negeri.

Pasien minim berinteraksi dengan publik karena segera berkonsultasi dengan dokter setelah menunjukkan gejala virus corona.

"Dia segera mengisolasi dirinya setelah menghubungi dokter," kata Kemenkes Timor Leste dalam pernyataan di Facebook, tanpa memberikan rincian dari mana pasien itu bepergian.

Baca juga: Pemerintah Minta Kritik Negatif soal Penanganan Corona Ditahan Dulu

Baca juga: Generasi Milenial di AS Berpotensi Besar Terinfeksi Virus Corona

Di Indonesia, kasus Covid-19 per Jumat, 20 Maret mencapai 369, 32 meninggal dan 17 sembuh.

Sementara secara global, data dari pusat penelitian Universitas Johns Hopkins, pada Sabtu 21 Maret, virus corona menyebabkan lebih 11 ribu kematian, menginfeksi 275 ribu orang. Sedangkan 88 ribu orang dinyatakan sembuh.

Covid-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh virus corona yang disebut SARS-CoV-2, yang terkait dengan virus yang menyebabkan Sindrom Pernafasan Akut Parah, tetapi tidak mematikan, dengan tingkat kematian sekitar tiga persen. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), 80 persen pasien hanya mengalami "penyakit ringan" dan akhirnya sembuh.

WHO menambahkan bahwa sekitar 14 persen mengalami penyakit parah sementara lima persen sakit parah.

Penyakit ini menyebar melalui tetesan dari hidung atau mulut ketika orang yang terinfeksi virus batuk atau bersin. Untuk mencegah infeksi, pihak berwenang mendesak orang untuk melakukan mencuci tangan secara teratur, menutup mulut dan hidung mereka ketika batuk dan bersin, dan menghindari kontak dekat dengan mereka yang menunjukkan gejala pernapasan.

Gejala Covid-19 yang biasa dilaporkan adalah demam, batuk kering, dan sesak napas.

Catatan: Perubahan kata "Timor Timur" di judul dan di badan berita menjadi "Timor Leste"

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini