nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Gempa Bumi Magnitudo 4,5 Guncang Gorontalo, Tidak Berpotensi Tsunami

Subhan Sabu, Jurnalis · Minggu 22 Maret 2020 17:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 22 340 2187307 gempa-bumi-magnitudo-4-5-guncang-gorontalo-tidak-berpotensi-tsunami-oIETN78ifD.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

MANADO - Wilayah Gorontalo diguncang gempa bumi tektonik. Hasil analisis BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki parameter magnitudo 4.5 terjadi pada koordinat episenter pada 1.23 Lintang Utara dan 123.27 Bujur Timur atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 35 km Barat Laut Boroko, Bolaang Mongondow Utara, Sulawesi Utara pada kedalaman hiposenter 10 km.

Kasi Data dan Info BMKG Sulut Edward H Mengko mengatakan dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi kedalaman dangkal akibat adanya subduksi lempeng Laut Sulawesi.

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," ujar Mengko, Minggu (22/3/2020).

Berdasarkan laporan masyarakat gempa bumi ini dirasakan di Kota Gorontalo, Kabupaten Gorontalo, dan Bone Bolango dengan intensitas II-III MMI.

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulakan gempa bumi tersebut. Hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

"Masyarakat di wilayah Gorontalo dan sekitarnya dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," pungkas Mengko.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini