Koordinasi Kepala Daerah di Jawa Tengah Dipermudah untuk Atasi Corona

Taufik Budi, Okezone · Minggu 22 Maret 2020 03:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 22 512 2187101 koordinasi-kepala-daerah-di-jawa-tengah-dipermudah-untuk-atasi-corona-lVSMFfzkcJ.jpg Ilustrasi virus corona. (Foto: Shutterstock)

SEMARANG – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melakukan komunikasi secara intens dengan para kepala daerah guna memantau wabah virus corona (Covid-19) di tengah masyarakat.

"Maka sekarang koordinasi itu mesti kita recehkan. Bahwa koordinasi itu diksi yang mudah dikerjakan, maka grup WA (Whatsapp) kami dengan teman-teman kepala daerah para bupati/wali kota di Jawa Tengah kita aktifkan," kata Ganjar, Sabtu 21 Maret 2020.

Ia mengatakan, melalui cara tersebut maka informasi dua arah dari atas maupun setiap daerah akan mudah tersampaikan. Termasuk menggali data jumlah orang dalam pemantauan (ODP) Covid-19 untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.

"Setiap hari kita bombardir dengan berita-berita dan kawan-kawan bupati/wali kota juga menyampaikan balik kepada kami sehingga mereka akan terbiasa sharing informasi, sharing knowledge, dan kita harapkan nanti mereka akan berbagi," terangnya.

Info grafis virus corona (Covid-19). (Foto: Okezone)

Terlebih dalam waktu dekat, kata dia, bakal dilakukan rapid test untuk mendeteksi penyebaran virus corona secara massal di tengah masyarakat. Berbekal data dari masing-masing daerah, maka akan memudahkan kelomopok masyarakat yang menjadi prioritas sasaran.

"Ini cara perecehan diksi koordinasi tadi, tapi demikian teknisnya kita siapkan dari Dinas Kesehatan. Sehingga Dinas Kesehatan sekarang sebelum alat datang (rapid test) dari orang dalam pemantauan ini semuanya kita sudah punya nomor telefonnya," beber dia.

"Maka nanti ada dua cara. Pertama, kita siapkan orangnya kemudian mereka posisi ada di mana, apakah kemudian nanti akan kita ambil cara mereka dikumpulkan di suatu tempat kita datang; atau kita datangi satu per satu," jelasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini