nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

UGM Siap Lakukan Tes Masal Corona

krjogja.com, Jurnalis · Minggu 22 Maret 2020 12:57 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 22 65 2187218 ugm-siap-rangkain-tes-masal-corona-70fr33hZMB.jpg Ilustrasi Universitas Gadjah Mada (foto: Ist)

SLEMAN – Universitas Gadjah Mada (UGM) ikut berupaya mengatasi merebaknya virus Corona atau Covid-19. Bahkan, kini UGM sedang mempersiapkan Reagen Kit untuk mendukung operasional PCR atau alat deteksi cepat Covid-19.

Rektor UGM Prof Panut Mulyono mengatakan saat ini reagen kit sudah berada di Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM. Namun kini masih dilakukan penataan laboratorium agar untuk melakukan tes tersebut sesuai BSL 2.

Baca Juga: Peneliti Undip Ciptakan Masker BC19, Begini Caranya 

“Mudah-mudahan dalam waktu dekat reagen kit serta alat ini bisa beroperasi sehingga akan menambah kemampuan Yogyakarta untuk melakukan tes secara cepat terhadap suspect Covid -19 ini," kata Panut, Sabtu 21 Maret 2020.

"Ya itu minggu depan kita harapkan ya, kalau memindahkan alatnya itu relatif cepat tapi kita harus menyiapkan reagennya artinya perangkat, zat kimia, untuk bisa sampai itu beroperasi dengan sebaik-baiknya. Kami berusaha secepat mungkin agar bisa membantu kita semua,” sambungnya.

Tak hanya itu, di sisi lain UGM juga mempersiapkan RSA untuk menjadi laboratorium test sekaligus penelitian pencarian obat dan vaksin dari virus yang menyerang paru-paru ini. UGM mengaku sudah berkomunikasi dengan Kemenkes dan Kemendikbud agar bisa segera direalisasikan.

“Kemarin berapa luasan yang diperlukan kemudian kondisinya seperti apa itu sudah di cari di RSA dan kita ada tempatnya, di lantai 1. Harapannya ini terus segera ditindaklanjuti agar kita bisa membantu mengatasi krisis atau penyebaran Covid-19,” ucap Panut.

(fid)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini