Cegah Kasus Baru COVID-19, Hong Kong Tutup Pintu Masuk bagi Pendatang

Medikantyo, Okezone · Senin 23 Maret 2020 16:38 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 23 18 2187799 cegah-kasus-baru-covid-19-hong-kong-tutup-pintu-masuk-bagi-pendatang-s2z1sqLMi6.jpg Pemimpin Eksekutif Hong Kong Carrie Lam (Foto: Wikimedia)

HONG KONG - Larangan masuk dan transit kepada para pendatang akan diterapkan otoritas Hong Kong mulai Rabu 25 Maret 2020 mendatang. Kebijakan itu dikeluarkan untuk mencegah masuknya kasus baru infeksi virus corona (COVID-19) menuju wilayah Hong Kong melalui warga pendatang.

Penumpang selain warga tetap Hong Kong, dilarang melewati pintu kedatangan bandara setempat. Larangan ini juga berlaku kepada warga asal China daratan, Macau, maupun Taiwan dengan catatan riwayat perjalanan menuju negara lain. Kedatangan langsung melalui Macau maupun Taiwan masih bisa memasuki Hong Kong dengan syarat perintah isolasi ketat.

"Situasi terkait hal ini berubah dengan cepat, selama dua bulan kita telah melalui banyak tahapan serta usaha keras untuk memastikan angka infeksi positif lebih rendah dibandingkan negara lain," kata Pemimpin Eksekutif Hong Kong, Carrie Lam, seperti dilansir dari laman South China Morning Post.

Otoritas setempat menyebut akan menindak tegas setiap orang yang bermaksud melanggar ketentuan untuk melakukan isolasi terkait penanganan wabah corona di Hongkong. Lonjakan kasus baru penularan virus corona belakangan ini diketahui berasal dari pendatang dari luar wilayah Hong Kong.

Berdasarkan data yang dirilis Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) serta berbagai sumber, saat ini kasus positif tertular Covid-19 di Hong Kong mencapai 317 pasien, sebanyak 44 laporan kasus baru dicatat pada Minggu 22 Maret. Dari keseluruhan kasus tersebut sebanyak empat orang dinyatakan meninggal dunia.

(amr)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini