Masedonia Utara dan Albania Jadi Calon Anggota Baru Uni Eropa

Medikantyo, Okezone · Senin 23 Maret 2020 22:16 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 23 18 2187962 masedonia-utara-dan-albania-jadi-calon-anggota-baru-uni-eropa-EotsJeTdRS.jpg Ilustrasi Uni Eropa (Foto: Okezone.com/Wikimedia)

BRUSSELS - Uni Eropa membuka kemungkinan memberi keanggotaan kepada Albania dan Masedonia Utara. Hal ini tertuang dalam rancangan pembahasan keputusan, yang akan disepakati oleh 27 negara anggota Uni Eropa saat ini.

Pembicaraan mengenai keanggotaan kedua negara itu diharapkan bisa selesai dalam sepekan ke depan.

Negosiasi status keanggotaan kedua negara di wilayah Balkan, itu sudah berjalan dalam beberapa tahun terakhir.

Sejumlah negara memiliki sorotan masing-masing sebelum memberi persetujuan kepada dua calon anggota itu. Negara seperti Belanda dan Prancis misalnya, memberikan perhatian kepada berjalannya sistem demokrasi serta pemberantasan korupsi.

Yunani memiliki kekhawatiran kultural dengan catatan keberadaan etnis minoritas asal kawasan itu di Albania. Namun, seperti dilansir dari laman Reuters, diplomasi sudah dilakukan kedua belah pihak terkait perlindungan etnis minoritas di Albania saat sudah menjadi anggota Uni Eropa.

Tanpa kemunculan keberatan terbaru dari negara anggota Uni Eropa lain, keputusan masuknya Albania dan Masedonia Utara bisa tercapai setidaknya pada pertengahan pekan ini.

Momentum pembicaraan keanggotaan baru, berlangsung dalam situasi krisis pandemi virus corona (COVID-19) di benua itu.

Masuknya anggota baru juga diharapkan meningkatkan solidaritas antar anggota Uni Eropa di masa depan. Terlebih, setelah adanya krisis serta dialog berkelanjutan yang terbilang alot saat Inggris memutuskan untuk mundur dari status keanggotaan dari Uni Eropa (Brexit).

(amr)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini