Satu Pasien Positif Corona di Kota Malang Dinyatakan Sembuh dan Telah Dipulangkan

Avirista Midaada, Okezone · Senin 23 Maret 2020 10:41 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 23 519 2187505 satu-pasien-positif-corona-di-kota-malang-dinyatakan-sembuh-dan-telah-dipulangkan-BeiBdOpfPj.jpg Direktur RSUD Saiful Anwar, dr Kohar Hari Santoso (Foto: Okezone/Avirista)

KOTA MALANG - Satu pasien positif corona dari mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) dinyatakan telah sembuh dan selesai menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD Saiful Anwar.

Direktur RSUD Saiful Anwar dr. Kohar Hari Santoso memastikan satu pasien positif corona telah dinyatakan sembuh dan dapat pulang pada Sabtu 21 Maret 2020.

"Memulangkan tiga pasien kondisinya sudah membaik, termasuk mahasiswa UB sembuh karena secara fisik dan klinis dia baik," ungkap dr. Kohar Hari Santoso, saat ditemui Senin pagi (23/3/2020).

Namun ia menjelaskan pasien berjenis kelamin laki-laki dengan usia 21 tahun itu pulang dan dinyatakan sehat.

"Yang dipulangkan ada yang positif ternyata sudah sembuh, artinya dia secara klinis baik, tapi dia masa pemulihan di rumah masih harus mengurangi interaksinya tidak perlu menstigma dan memblokade rumahnya," jelas Kohar.

Ia menambahkan sang pasien ini memasuki fase penyembuhan di rumah, dimana pihak medis tetap meminta mengisolasi diri dan membatasi interaksi dengan masyakarat sekitar.

Ilustrasi

"Tapi memang membutuhkan fase penyembuhan, jangan demikian didampingi keluarganya gerudukan, selama dia menerima tamu lagi kecapean maka akan kebawa lagi. Sosial distance perlu diperhatikan," tuturnya.

"Kami tetap melakukan pemantauan dan meminta self isolation atau isolasi diri karena masih dalam pemulihan supaya tidak ada potensi menularkan yang lain. Masyarakat tidak usah takut, kemudian menstigma. Kalau di rumah ada persediaan makanan bisa disediakan di rumah. Jika tidak ada akan dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan & Dinas Sosial tentang bagaimana melakukan self isolation," tutupnya.

Sebelumnya satu orang pasien positif corona di Kota Malang tengah menjalani perawatan di ruang isolasi. Satu pasien tersebut merupakan salah seorang mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Brawijaya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini