Angka ODR dan ODP Covid-19 di Sampang Bertambah, PDP Nihil

Syaiful Islam, Okezone · Senin 23 Maret 2020 18:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 23 519 2187866 angka-odr-dan-odp-covid-19-di-sampang-bertambah-pdp-nihil-Kv70tpGsZH.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

SURABAYA – Perkembangan baru terhadap angka orang dalam risiko (ODR) kasus wabah virus corona di wilayah Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, terus bertambah dengan signifikan. Jumlah orang dalam pemantauan (ODP) virus corona (Covid-19) pun juga bertambah.

Data awal dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Sampang, ODR yang menjadi sasaran penanganan virus corona di daerahnya mencapai 448 jiwa. Sementara 10 orang masuk status OPD. Meski begitu, hingga saat ini masih nihil pasien dalam pengawasan (PDP) virus corona.

"Sekarang, jumlah ODR 704 dan ODP mencapai 18 jiwa. Naik dibandingkan data tiga hari sebelumnya," tutur Sekretaris Dinkes Sampang, Asrul Sani, Senin (23/3/2020).

Meningkatnya angka ODR dan ODP, lanjut Asrul, akibat masyarakat Sampang banyak berkunjung dan pulang dari berbagai daerah yang terkonfirmasi terpapar wabah Covid-19.

ilustrasi (Foto : WebMD)

Pengawasan dan pemeriksaan pada perkembangan kondisi kesehatan tubuh ODR dan ODP dilakukan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Bencana Nonalam dan Percepatan Penanganan Covid-19 Sampang selama dua pekan ke depan.

"Jika selama masa inkubasi tidak terjadi apa-apa, artinya mereka dinyatakan sehat," ucapnya.

Pihaknya mengimbau masyarakat yang masuk kategori ODR dan ODP supaya mengisolasi mandiri di rumah masing-masing. Mereka juga diminta membatasi pertemuan dan interaksi langsung demi mencegah penyebaran virus bagi orang lain.


Baca Juga : Satu PDP Corona di Mojokerto Meninggal Dunia

"Warga yang sakit, sebaiknya diupayakan tidak ikut dalam acara apapun dan segera periksakan diri di puskesmas terdekat," tuturnya.


Baca Juga : Dinkes Magetan Temukan 50 Orang Kontak dengan Pasien Positif Corona

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini