nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pandemi Corona, Ganjar Dorong Guru SD-SMP Bekerja dari Rumah

Taufik Budi, Jurnalis · Senin 23 Maret 2020 04:40 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 03 23 65 2187427 pandemi-corona-ganjar-dorong-guru-sd-smp-bekerja-dari-rumah-9Odab1MHAB.jpg Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)

SEMARANG - Guru-guru kembali didorong bekerja dari rumah guna mencegah penularam virus corona (Covid-19). Dengan begitu, guru diharapkan tetap bisa melakukan pembelajaran secara daring (online), namun tak membebani siswa dengan tugas-tugas berat.

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo berharap bupati dan wali kota segera menerapkan kebijakan bekerja dari rumah, bagi guru-guru SD-SMP. Sebab, guru-guru sekolah itu kewenangannya berada di pemerintah kabupaten/kota.

"Saya berharap (Senin 23 Maret diterapkan), karena ini kewenangan bupati wali kota," kata Ganjar, Minggu (22/3/2020).

Sementara untuk aparatur sipil negara (ASN), termasuk guru-guru SMA/SMK sederajat, serta sekolah luar biasa (SLB) yang menjadi kewenangan Pemprov Jateng, telah diterapkan bekerja dari rumah. Seluruh guru untuk semua jenjang pendidikan juga akan melaksanakan pembelajaran dari rumah alias Work From Home (WFH).

Baca juga: Kronologi 1 Pasien Virus Corona Meninggal Dunia di Bengkulu

"Kemarin melalui Kepala Dinas Pendidikan Jateng, 2 hari yang lalu sudah saya mintakan untuk dikomunikasikan Dinas Pendidikan kabupaten/kota, agar mereka juga bekerja di rumah. Seperti pegawai pemprov, kabupaten/kota yang sudah mulai bekerja di rumah. Setidaknya pemprov saja sudah 70% bekerja di rumah," ujarnya.

Infografis Okezone.

Ganjar mengaku mendapat keluhan dari pelajar, soal banyaknya tugas selama belajar di rumah. Selain diperingan, guru juga diminta membuat tugas yang bisa membangkitkan kreativitas pelajar, sekaligus edukasi tentang virus corona.

"Guru-guru Anda juga boleh bekerja di rumah, sekolahan dijaga oleh kepala sekolah, TU atau guru piket secara bergantian. Sehingga mereka bisa bekerja di rumah lebih banyak," ucapnya.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini