nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Penyebaran Corona, Drone UMM Dikerahkan Semprot Disinfektan ke Permukiman Padat

Avirista Midaada, Okezone · Selasa 24 Maret 2020 14:34 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 03 24 65 2188258 cegah-penyebaran-corona-drone-umm-dikerahkan-semprot-disinfektan-ke-permukiman-padat-rTQadxPF7S.jpg Drone dikerahkan untuk menyemprokan cairan disinfektan ke kawasan Sengkaling, Dau, Malang. (Foto : Ist)

MALANG – Guna mengurangi penyebaran virus corona (Covid-19) di kawasan Sengkaling, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang, Pemkab mengerahkan satu unit drone milik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) untuk menyemprotkan cairan disinfektan.

Penyemprotan cairan disinfektan ini dipusatkan di titik sekitar Sengkaling di mana empat pasien positif corona di Kabupaten Malang berdomisili. Tim gabungan dari TNI, Polri, UMM, dan instansi Forkopimda memulai titik start drone di Lapangan Dau, pada Selasa (24/3/2020) pagi.

Drone kemudian diarahkan untuk menyemprotkan disinfektan ke permukiman padat penduduk di Sengkaling. Tak hanya permukiman, jalan raya yang menghubungkan Sengkaling hingga Dau juga disemprot disinfektan.

"Ini adalah kerja bersama dari beberapa elemen Satgas Corona yang dibentuk Bupati Malang. Kebetulan kami punyai fasilitas drone yang bisa menyemprotkan disinfektan yang ditengarai dapat meminimalkan lajunya virus corona," ujar Rektor UMM Fauzan.

Drone UMM dikerahkan untuk semprotkan cairan disinfektan ke permukiman padat di kawasan Sengkaling, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. (Ist)

Ia menambahkan, drone sengaja diarahkan ke kawasan Sengkaling dan sekitarnya yang dianggap menjadi tempat berkembangnya virus corona.

"Kami menggunakan satu pintu Satgas Corona. Jadi, apa yang dilakukan ini merupakan bentuk pengabdian dan kepedulian UMM kepada masyarakat," ujarnya.

Di sisi lain, Korem 083/Bdj Kolonel Inf Zainuddin mengatakan, drone ini sebenarnya diperuntukkan keperluan penyemprotan insektisida di sektor pertanian. Tapi karena kebutuhan mendesak, drone dimodifikasi guna menyemprotkan disinfektan.

"Ini memang sebenarnya untuk pertanian, tapi semua sumber daya harus kita kerahkan. Kita berkejaran dengan waktu untuk menekan jumlah lebih banyak korban. Apapun cara akan kita lakukan," tuturnya.

Menurutnya, penggunaan drone ini cukup efektif untuk menjaga area permukiman padat penduduk. Sebab, ia melanjutkan, drone dapat menjangkau area sulit diakses.

"Dengan drone ini juga bisa diarahkan. Masalahnya banyak kabel ini, (jadi-red) sangat efektif untuk perkampungan," ucapnya.

Drone UMM dikerahkan untuk semprotkan cairan disinfektan ke permukiman padat di kawasan Sengkaling, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. (Ist)

Zainuddin juga mengingatkan masyarakat pentingnya menjaga jarak berinteraksi atau social distancing dengan tidak berkerumun.

Baca Juga : Dampak Covid-19, Jokowi Sampaikan 3 Skenario Pelaksanaan UN

Sebagai informasi, empat orang yang dinyatakan positif terjangkit virus corona berdomisili di wilayah Sengkaling, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang. Dari empat orang tersebut, satu di antaranya meninggal dunia.

Baca Juga : UN Ditiadakan, Kelulusan Siswa Menggunakan Nilai Rapor

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini