PDP Corona di Papua Meningkat, Pasien di Merauke Melonjak

Edy Siswanto, Okezone · Rabu 25 Maret 2020 20:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 25 340 2188972 pdp-corona-di-papua-meningkat-pasien-di-merauke-melonjak-M6Aytl4JAP.jpg Ilustrasi (Dok. okezone)

JAYAPURA – Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Papua terus bertambah, hasil tracking hingga hari ini Rabu (25/3/2020) jumlahnya mencapai 36 orang.

Juru bicara Penanganan Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule kepada media di Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Papua mengatakan, jumlah tersebut tersebar di beberapa Rumah Sakit di Jayapuar dan kabaupaten lain di Papua.

“Di RSUD Yowari Kabupaten Jayapura ada 3 pasien, RSUD Merauka 10 pasien, RSUD Dok II Jayapura 4 pasien, RS Provita 4 pasien, RS Marten Indey 3 pasien, RSUD Abepura 2 pasien, RS Bhayangkara 6 pasien, RSUD Biak 2 pasien, RSUD Timika 1 pasien, RSUD Wamena 1 pasien. Jadi total semua per hari ini adlah 36 pasien PDP,” ungkap dr. Sumula.

Dijelaskan, keseluruhan pasien tersebut dalam kondisi sakit rinagn dan sakit sedang. Pasien juga sudah diberikan obat Klorokuin.

ilustrasi

“Sampai saat ini kondisi keseluruhannya dalam keadaan sakit ringan dan sedang, tidak ada yang berat, karena kalau sampai berat, maka kita pasang Ventilator,” katanya.

Diakuinya, jumlah PDP di Kabupaten Merauke melonjak signifikan, dengan jumlah mencapai 10 pasien. Jumlah ini diperoleh berdasarkan hasil tracking pasien positif, meski menurut dr. Sumule, susah menjelaskan hal tersebut.

“Melonjak sangat signifikan jumlah PDP di Merauke, namun memang sangat susah kalau menjelaskan apakah ini terkait tiga pasien positif Covid-19 tersebut. Namun yang pasti, fokus kita di wilayah Papua Selatan, yang meliputi Kabupaten Merauke Mappi, Asmat, dan Boven Digoel, karena disana sudah ada kasus positif,” katanya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini