Ingin Berwisata ke Mentawai, WNA Ini Disuruh Pulang ke Negaranya

Rus Akbar, Okezone · Rabu 25 Maret 2020 22:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 25 340 2188989 ingin-berwisata-ke-mentawai-wna-ini-disuruh-pulang-ke-negaranya-v2zb3TSYUq.jpg foto: istimewa

PADANG - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat telah mengeluarkan pemberitahuan agar wisatawan manca negara, untuk sementara ditutup dulu kungjungannya ke Pulau Mentawai, namun Grant Albert Davis warga Australia tetap datang ke Mentawai pagi tadi dengan kapal Mentawai Fast.

Melihat kondisi tersebut, Tim Gugus Tugas Penanganan Coronavirus Disease-19 (Covid-19) Mentawai meminta Grant membatalkan kunjungannya dan menyuruh kembali ke Padang.

“Kita juga tidak tahu bagaimana dia bisa lolos di pintu Padang,” kata Danlanal Mentawai, Letkol Laut Anis Munandar, yang tergabung dalam tim gugus tugas.

Tim Gugus Tugas Mentawai kaget dengan kedatangan seorang WNA melalui kapal Mentawai Fast hari ini. Padahal pemerintah setempat telah meminta kepala Kantor Syahbandar Otoritas Teluk Bayur menunda kunjungan wisatawan ke Mentawai sejak Jumat 20 Mmaret 2020, Tim Gugus Tugas Mentawai meminta WNA tersebut untuk sementara tidak melakukan kunjungan ke Mentawai dan menyarankan balik lagi ke Padang.

Sementara Grant, WNA yang terlanjur datang tersebut mengatakan dia berkunjung ke Mentawai karena ingin berkunjung dan berkeliling. Dia juga mengaku memiliki properti di Resort Aloita sekitar daerah Tuapeijat yang merupakan kawasan wisata surfing dan sudah tinggal tiga tahun di Mentawai.

Namun, setelah tim meminta dia kembali ke Padang lagi Brant menjadi bingung pasalnya kalau kembali ke Australia sudah tidak bisa lagi, karena pada saat ini negara asalnya itu sudah lockdown.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Mentawai sekaligus juru bicara perkembangan pencegahan penyebaran Covid-19 (Coronavirus Disease-19), Lahmuddin Siregar mengatakan, WNA tersebut memiliki Kartu Izin Tinggal Terbatas (KITAS).

“Sudah kami cek ke kapal dia sudah berangkat ke Padang, kami memantau di dermaga sebelum kapal berangkat,” ucapnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini