nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Thailand Darurat Virus Corona, Jam Malam Berlaku

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Jum'at 27 Maret 2020 10:26 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 27 18 2189727 thailand-darurat-virus-corona-jam-malam-berlaku-THcTwwZOUC.jpg Para pekerja migran meninggalkan Bangkok menuju negara asal. (Foto/Bangkok Post)

BANGKOK – Thailand menyatakan keadaan darurat virus corona membuat banyak wilayah di negara Gajah Putih itu melakukan pembatasan wilayah atau lockdown.

Langkah status darurat dilakukan untuk membendung penyebaran virus corona yang menyebabkan penyakit Covid-19.

Status darurat akan berlaku hingga 30 April. Pemerintah Thailand juga akan memberlakukan jam malam dan melarang warganya bepergian.

Baca juga: Thailand Lockdown, 60 Ribu Pekerja Migran Kembali ke Negara Asal

Baca juga: Brasil Ubah Stadion Terbesar Amerika Selatan Jadi RS Lapangan bagi Pasien Corona

Pihak berwenang Thailand mengumumkan 111 kasus baru pada Kamis, 26 Maret, sehingga total kasus virus corona di Thailand menjadi 1.045 dan empat kematian.

Pemerintah Thailand juga telah melarang masuknya semua turis asing. Namun warga negara asing yang menjadi anggota misi diplomatik dan pemegang ijin kerja di Thailand masih diperbolehkan masuk.

Phuket adalah provinsi pertama yang memberlakukan jam malam. Kebijakan itu berlaku dari jam 5 sore sampai tengah malam per Rabu, 25 Maret. Penduduk setempat didesak untuk tetap di rumah, sementara wisatawan disuruh tinggal di hotel mereka. Mengonsumsi alkohol di wilayah pantai itu juga dilarang.

Sedangkan di Yala, provinsi yang berbatasan dengan Malaysia, perjalanan ke dan dari provinsi itu dilarang sejak tengah malam kemarin, setelah seorang dokter dan dua perawat dinyatakan positif virus corona.

Kota pantai Pattaya yang populer dan provinsi Chonburi yang berjarak dua jam berkendara dari, Bangkok, juga menutup pusat perbelanjaan, restoran, cafe, taman dan tempat olahraga. Perjalanan ke dan dari pulau Koh Si Chang di dekatnya juga dilarang.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini