Gubernur di Meksiko Sebut Orang Miskin 'Kebal' dari Virus Corona

Rachmat Fahzry, Okezone · Jum'at 27 Maret 2020 11:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 27 18 2189754 gubernur-di-meksiko-sebut-orang-miskin-kebal-dari-virus-corona-BApSDoiz67.jpg Miguel Barbosa, Gubernur Negara Bagian Puebla, Meksiko. (Foto/Daily Mail)

MEXICO CITY - Seorang gubernur di Negara Bagian Puebla, Meksiko mengatakan kepada wartawan bahwa orang-orang miskin "kebal" terhadap virus corona.

Saat konferensi pers, yang disiarkan langsung di YouTube dan Facebook, Gubernur Luis Miguel Barbosa mengajukan pertanyaan, serta menanyakan kepada wartawan mengenai siapa saja orang-orang yang terinfeksi virus corona saat ini.

"Mayoritas adalah orang-orang kaya, Anda tahu," katanya, menjawab pertanyaannya sendiri. "Jika kamu kaya, kamu berisiko, tetapi jika kamu miskin, tidak. Kita miskin, kita kebal," ujarnya mengutip ABC News, Jumat (27/3/2020).

Baca juga: Brasil Ubah Stadion Terbesar Amerika Selatan Jadi RS Lapangan bagi Pasien Corona

Tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan adanya efek virus corona karena status ekonomi.

Foto/Okezone

Pernyataannya memicu kegemparan di media social. Banyak warga yang mempertanyakan mengapa pejabat pemerintah menyebarkan informasi yang tidak memiliki dasar ilmiah.

Barbosa mencatat banyak dari mereka yang tertular virus corona, karena baru saja melakukan bepergian, menunjukkan hubungan antara kekayaan dan perjalanan.

Menurut statistik Kemenerian Kesehatan Meksiko, dari 475 kasus corona di Meksiko, sekitar 75% terhubung dengan perjalanan internasional. Hingga Kamis sore, 44 orang dinyatakan positif mengidap virus di Puebla.

Pemerintah Meksiko telah melakukan langkah pencegahan penyebaran virus corona baru-baru, yakni denan menutup sekolah, menutup kantor-kantor pemerintah dan mengimbau warga untuk tinggal di rumah dan melakukan jarak social (social distancing).

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini