nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kasus Covid-19 Impor Bertambah, China Larang Pengunjung Asing Masuki Negaranya

Rahman Asmardika, Jurnalis · Jum'at 27 Maret 2020 15:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 27 18 2189939 kasus-covid-19-impor-bertambah-china-larang-pengunjung-asing-masuki-negaranya-ERj9DqJ2En.jpg Foto: Okezone.

BEIJING - China telah mengumumkan larangan masuk sementara terhadap semua pengunjung asing, bahkan jika mereka memiliki visa atau izin tinggal.Kebijakan itu diambil sehubungan dengan meningkatnya jumlah kasus infeksi virus corona (COVID-19) impor dari luar China.

Beijing juga membatasi maskapai penerbangan asing dan China hanya satu penerbangan per pekan, dan tidak boleh lebih dari 75% penuh.

Meskipun pada Jumat (27/3/2020) China melaporkan kasus infeksi virus corona yang ditransmisikan secara lokal, yang pertama dalam tiga hari terakhir, hampir semua kasus baru sekarang datang dari luar negeri.

Pada Kamis (26/3/2020) ada 55 kasus baru di seluruh China, 54 di antaranya berasal dari orang yang tiba dari luar negeri.

Dalam keterangan yang dilansir BBC, Kementerian Luar Negeri China mengatakan negara itu "menangguhkan masuknya warga negara asing" karena "penyebaran Covid-19 yang cepat ke seluruh dunia".

Penangguhan itu berlaku untuk orang-orang dengan visa dan izin tinggal, tetapi tidak untuk diplomat atau mereka yang memiliki visa C (biasanya awak pesawat). Orang-orang dengan "kebutuhan kemanusiaan darurat" atau mereka yang bekerja di bidang tertentu dapat mengajukan pengecualian dari pembatasan tersebut.

Meskipun aturan itu tampak dramatis, banyak maskapai penerbangan asing sudah berhenti terbang ke China - dan sejumlah kota sudah membatasi kedatangan dari negara itu.

Berdasarkan laporan terbaru dari Komsi Kesehatan Nasional, pada Jumat terdapat 81.340 kasus Covid-19 yang dikonfirmasi di China dan 3.292 kematian.

Secara total, 565 dari kasus-kasus yang dikonfirmasi digolongkan sebagai "diimpor", baik orang asing yang datang ke China, atau warga negara China yang kembali dari luar negeri.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini