Bendung Penyebaran Virus Corona, Afghanistan Bebaskan 10 Ribu Tahanan

Rachmat Fahzry, Okezone · Jum'at 27 Maret 2020 15:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 27 18 2189942 bendung-penyebaran-virus-corona-afghanistan-bebaskan-10-ribu-tahanan-bhvuhjCcek.jpg Ilustrasi (Okezone)

KABUL - Afghanistan akan membebaskan 10.000 tahanan berusia di atas 55 tahun untuk membendung penyebaran virus corona.

"Presiden mengeluarkan dekrit bahwa beberapa ribu tahanan akan segera dibebaskan akibat virus corona," kata seorang pejabat di kantor Presiden Afghanistasn Ashraf Ghani menyitir Reuters, Jumat (27/3/2020).

Para tahanan yang dibebaskan tidak termasuk anggota kelompok militan Taliban atau ISIS, dan prosesnya akan selesai dalam 10 hari.

"Tahanan dengan masalah kesehatan yang serius, wanita, anak-anak, orang tua di atas 55 tahun akan mendapat manfaat dari dekrit tersebut," kata Jaksa Agung Mohammad Farid Hamidi.

Baca juga: Pelanggar Aturan Social Distancing di Singapura Dikenakan Denda Rp112 juta atau Penjara 6 Bulan

Baca juga: Ini Lokasi di Kota Tegal yang Terdampak Local Lockdown

Afghanistan telah melaporkan 91 kasus virus corona dan tiga kematian. Provinsi Herat barat di negara itu telah mencatat setidaknya 54 dari 75 total kasus yang dilaporkan dalam pekan terakhir.

Kelompok-kelompok bantuan internasional dalam beberapa pekan terakhir mengkhawatirkan menyebarkan virus corona di penjara di seluruh Afghanistan.

Ahmad Rashid Totakhil, kepala direktorat umum penjara, mengatakan keputusan membebaskan 10.000 tahanan diambil untuk mengatasi penyebaran virus yang sangat cepat menular.

Tidak jelas apakah akan meminjamkan bantuan atau diberikan bantuan medis sebelum membebaskan dari penjara di seluruh negeri.

Tidak jelas apakah tahanan akan diuji atau diberi bantuan medis sebelum dibebaskan dari penjara di seluruh negeri.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini