Dinkes Kota Semarang Periksa Kesehatan Pemudik di Terminal Bus

Taufik Budi, Okezone · Jum'at 27 Maret 2020 02:39 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 27 512 2189605 dinkes-kota-semarang-periksa-kesehatan-pemudik-di-terminal-bus-8oTzotEgGc.jpg Ilustrasi terminal. (Foto : Okezone.com)

SEMARANG – Arus pemudik dari Jakarta dan sekitarnya berdatangan ke sejumlah daerah di Jawa Tengah, termasuk Kota Semarang. Ancaman penularan virus corona (Covid-19) dari para pemudik menjadi perhatian serius pemerintah.

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, mengatakan telah mengecek kesiapsiagaan sejumlah titik tujuan moda transportasi. Dia memastikan bandara, pelabuhan, maupun stasiun kereta api menerapkan standar keamanan kesehatan calon penumpang.

“Kalau untuk penerbangan, pelabuhan, stasiun kereta api saya juga cek semuanya sudah ada SOP-nya. Sebelum mereka naik pesawat, sebelum naik kereta api, sebelum mereka naik kapal itu sudah ada SOP. Sudah dicek masing-masing (calon penumpang-red),” kata pria yang akrab disapa Hendi itu, Kamis (26/3/2020).

Terminal. (Foto : Okezone.com)

Sementara untuk di terminal bus, masih harus dipantau lebih intens oleh petugas medis. Untuk itu, dia menginstruksikan Dinas Kesehatan Kota Semarang memastikan kondisi penumpang yang naik maupun turun bus.

“Nah kalau yang di terminal bus ini saya rasa perlu dukungan teman-teman untuk memonitor. Apakah mereka pada saat berangkat sudah dicek belum,” ucapnya.

Baca Juga : Pemudik Zona Merah Corona Masuk Jateng, Pemprov Gandeng TNI- Polri

“Kalau ternyata belum ya mungkin teman-teman Dinas Kesehatan perlu lebih fokus ke terminal-terminal, yang membawa rombongan penumpang dari Jakarta masuk ke Kota Semarang,” tuturnya.

Baca Juga : Ikut Rapid Test Corona di Semarang Harus Daftar via Online

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini