Cegah Covid-19, Pemkab Wonogiri Lakukan Ini ke Perantau Pulang Kampung

Bramantyo, Okezone · Jum'at 27 Maret 2020 13:26 WIB
https: img.okezone.com content 2020 03 27 512 2189838 cegah-covid-19-pemkab-wonogiri-lakukan-ini-ke-perantau-pulang-kampung-uttznD9sXR.jpg Ilustrasi pemeriksaan suhu tubuh. (Foto: Okezone.com/Dede Kurniawan)

WONOGIRI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri berupaya melindungan wilayahnya dari virus corona (Covid-19). Lebih lagi, mulai banyak warga yang pulang kampung dari DKI Jakarta.

Bupati Wonogiri Joko Sutopo mengatakan, pihaknya telah menyiagakan petugas kesehatan di terminal bus. Petugas dilengkapi thermo gun dan disinfektan.

“Kami tak main-main dalam melindungi daerah kami. Begitu para pemudik datang, kami telah menyiagakan petugas di terminal. Begitu pemudik datang, mereka langsung dicek suhu tubuh dan disemprot disinfektan," kataJoko Sutopo pada Okezone, Jumat (27/3/2020).

Menurut Joko, pengetatan tak hanya dilakukan di terminal saja. Selama berada di kampung halaman, pihaknya juga telah mengintruksikan pada semua jajaran di bawahnya untuk melakukan pemantauan, mulai dari kecamatan, kelurahan hingga tingkat RT/RW.

Baca juga: Ratusan Orang Terjaring Razia Akibat Abaikan Seruan Social Distancing

Masing-masing RT/RW selain melakukan pendataan, juga diwajibkan untuk melakukan pengecekan.

"Di kampung halaman di mana para perantau berada pun tetap kami lakukan pemantauan. Saya sudah perintahkan kecamatan, kelurahan dan RT/RW untuk memantau para perantau. Tak hanya melakukan pendataan tapi juga dilakukan pengecekan langsung,” ujarnya.

Infografis Okezone

Hal itu dilakukan agar pihaknya bisa mengetahui riwayat perjalanan para perantau tersebut.

"Begitu mereka keluar dari daerahnya, bisa dengan ceoat diketahui. Ini sifatnya untuk pencegahan saja," ucapnya. 

Menyangkut kesiapan pelayanan kesehatan, pihaknya juga telah menyiagakan 25 puskesmas dan rumah sakit, lengkap dengan ruang isolasi.

Sementara itu, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) di Wonogiri sebanyak 12 orang dan orang dalam pemantauan (ODP) berjumlah 71.

(qlh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini