nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemkot Cirebon Terima Alat Rapid Test untuk Penanganan Covid-19

Fathnur Rohman, Jurnalis · Sabtu 28 Maret 2020 08:38 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 28 525 2190312 pemkot-cirebon-terima-alat-rapid-test-untuk-penanganan-covid-19-PfY3w8J8yK.jpg Foto: Illustrasi Okezone.com

CIREBON - Alat rapid test yang dikirim dari Pemerintah pusat sudah diterima oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Cirebon. Rencananya, alat tersebut akan dipakai untuk melakukan pengetesan terhadap orang dalam pemantauan (ODP) terkait virus corona (Covid-19) di Kota Cirebon.

Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis memastikan alat rapid test ini sudah disimpan oleh Pemerintah Kota Cirebon. Namun, ia mengaku belum mengetahui pasti, berapa jumlah alat rapid test yang diterima.

"Alatnya sudah kami terima. Jumlah pastinya saya belum tahu. Nanti saya cek," kata Azis, saat ditemui Okezone, di Balai Kota Cirebon, Jawa Barat.

Diterangkan Azis, alat rapid test ini akan dipakai untuk melakukan pengetesan terhadap ODP yang ada di Kota Cirebon. Pengetesan tersebut dijalankan sesuai protap dan aturan yang ada.

"Yang jelas, alat rapid test ini akan dipergunakan untuk melakukan pengetesan sesuai petunjuk. Jadi, orang yang termasuk ODP akan menjadi prioritas untuk pengetesan," ujar Azis.

Ia menyampaikan, pengetesan terhadap ODP ini rencananya akan dilakukan di Rumah Sakit Daerah (RSD) Gunung Jati, Kota Cirebon, Jawa Barat. "Tempat tesnya di Rumah Sakit Gunung Jati. Seperti itu," tambahnya.

Azis mengimbau agar masyarakat Kota Cirebon tetap berada di dalam rumah dan menghindari kerumunan massa. Hal ini dilakukan guna mencegah penyebaran virus corona. Selai itu, Azis sendiri sudah meminta Satpol PP Kota Cirebon, TNI, dan Polri untuk melakuakn pemantauan secara rutin, apakah ada orang yang berkumpul di tempat umum atau tidak.

"Kami akan melakukan pengawasan. Pemerintah Kota Cirebon bekerja sama dengan Satpol PP, TNI, Polri agar membubarkan kerumunan orang di mana saja," tutur Azis.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini