nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

2,3 Ton Alat Kesehatan untuk Penanganan Covid-19 Tiba di Papua

Edy Siswanto, Jurnalis · Senin 30 Maret 2020 21:30 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 03 30 340 2191428 2-3-ton-alat-kesehatan-untuk-penanganan-covid-19-tiba-di-papua-D7lYJUp2Hu.jpg foto: istimewa

JAYAPURA – Bantuan Alat Kesehatan (Alkes) dari Kementrian Kesehatan RI, berupa masker dan Rapit Test sebanyak 2,3 Ton untuk penanganan Covid-19 di Papua tiba di Lanud Silas Papare Sentani Jayapura.

Alkes -alkes tersebut dibawa menggunakan pesawar Hercules A-1315 milik TNI AU dari Jakarta.

Komandan Lanud Silas Papare Jayapura, Marsma TNI Tri Bowo Budi Santoso mengatakan, bantuan alat kesehatan yang tiba merupakan bantuan kedua setelah pada kesempatan pertama Hercules membawa Alat Perlengkapan Diri (APD) bagi tim kesehatan penanganan Covid-19.

“Ini adalah bantuan kedua dari Kementerian Kesehatan yang tiba di Jayapura. Sebelumnya pesawat kita membawa enam koli Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis di Papua,” katanya.

 corona

Dijelaskan lagi, bantuan kedua berupa masker dan Rapid Test tersebut teebagi dalam 125 koli masker, dan 6 koli Rapid Test.

"Setelah bongkar muat, semuanya akan didrop ke Dinas Kesehatan, selanjutnya akan digunakan oleh Satgas Covid-19," katanya.

Selain membawa alat kesehatan, pesawat hercules juga membawa sampel darah dari Merauke dan Mimika yang akan diperiksa di laboratorium Jayapura.

“Pesawat ini juga membawa sampel darah pasien covid-19 dari Kabupaten Merauke dan Mimika untuk diperiksa di laboratorium kesehatan Jayapura. Intinya kami dukung penuh langkah pemerintah dalam upaya pencegahan virus corona atau covid-19 di Papua," ucapnya.

"Kita juga fokus memonitor pesawat dari Jakarta yang masuk. Intinya mereka tidak membawa penumpang sesuai dengan keputusan pemerintah untuk membatasi orang masuk ke papua,” sambungnya.

(wal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini