nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Satu Orang Positif Corona, Pemkab Madiun Periksa Kesehatan Pendatang

Avirista Midaada, Okezone · Rabu 01 April 2020 16:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 04 01 519 2192434 satu-orang-positif-corona-pemkab-madiun-periksa-kesehatan-pendatang-ycxUg6YKnY.jpg Ilustrasi pemeriksaan suhu tubuh. (Foto : Okezone.com/Dede Kurniawan)

MADIUN – Setelah satu warga dinyatakan positif virus corona, jajaran Pemkab Madiun langsung bergerak memperketat jalur masuk di perbatasan. Terlebih dengan kedatangan para pemudik dari luar daerah ke Kabupaten Madiun.

Bupati Madiun Ahmad Dawami mengatakan, sterilisasi pintu keluar di daerah Dumpil, Kabupaten Madiun, menjadi salah satu langkah yang disiapkan guna menanggulangi penyebaran virus corona di wilayahnya.

Satu per satu pengendara yang masuk wilayah Madiun melalui pintu keluar tol diperiksa kesehatannya, terlebih bagi mereka yang berasal daerah zona merah corona.

"Kami dari Forkopimda langsung memeriksa semua kesehatan pengemudi di exit tol Dumpil, Madiun," ungkap Kaji Mbing, sapaan akrabnya, kepada wartawan pada Rabu (1/4/2020).

Pengecekan ini dilakukan guna mengantisipasi adanya pengemudi kurang sehat yang berpotensi menularkan virus corona setibanya di Madiun.

Terkait kondisi satu pasien positif corona yang tengah dirawat di ruang isolasi RSUD dr Soedono hingga Rabu ini, masih dinyatakan baik dan stabil.

Para penumpang yang tiba di Bandara Supadio Kalbar dicek suhu tubuhnya oleh petugas (Foto : iNews TV/Faisal Abubakar)

"Kondisinya baik dan stabil, saat ini dirawat di RSUD dr Soedono," tuturnya.

Pihaknya juga mengaku akan menelusuri riwayat perjalanan satu pasien positif corona dari Kabupaten Madiun yang tengah dirawat di RSUD dr Soedono Madiun.

Di sisi lain, Kapolres Madiun AKBP Eddwi Kurniyanto memastikan mendukung langkah Pemkab Madiun untuk meminimalkan penularan virus corona.

"Kami tetap akan bantu dalam upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona di Madiun. Bupati sudah libatkan tim medis dalam melakukan tracing siapa saja yang pernah kontak dengan pasien positif corona di Kabupaten Madiun," tutur Eddwi.

Baca Juga : Jatim Siap Produksi Massal APD untuk Tenaga Medis

Di Kabupaten Madiun hingga Rabu (1/4/2020), dari data Gugus Tugas Corona Pemprov Jawa Timur terdapat satu orang pasien positif corona, empat orang pasien dalam pengawasan (PDP), 88 orang alam pemantauan, dan 378 orang dalam risiko (ODR) virus corona.

Baca Juga : Antisipasi Corona, Pemkot Awasi Ketat Pemudik yang Tiba di Kota Malang

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini