nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Begini Skema Pembatasan Sosial di Malang Raya Cegah Penyebaran Corona

Avirista Midaada, Okezone · Rabu 01 April 2020 22:58 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 04 01 519 2192670 begini-skema-pembatasan-sosial-di-malang-raya-cegah-penyebaran-corona-tim0mmZ3Vu.jpg Bupati Malang Sanusi saat rapat koordinasi di Pendopo Agung, Kabupaten Malang, Jawa Timur (Foto: Okezone/Avirista Midaada)

MALANG - Pasca-kesepakatan bersama antar-tiga kepala daerah di Malang raya terkait pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang dicanangkan pemerintah guna mencegah penyebaran virus corona, sejumlah opsi pengamanan telah disusun.

Salah satu opsi yang dilakukan andaikan pembatasan sosial berskala besar dilakukan, yakni melakukan pemeriksaan terhadap pendatang di titik - titik perbatasan di luar tiga wilayah di Malang raya, yakni Kota Malang, Kabupaten Malang, dan Kota Batu.

"Yang mengamankan di Lawang (Kabupaten Malang) itu Kota Malang (Polresta Malang Kota), yang mengamankan di Kasembon itu pembagiannya di wilayah Polres Batu, yang (perbatasan) Blitar dan Lumajang itu bagiannya Kabupaten Malang," tutur Bupati Malang Sanusi usai rapat koordinasi di Pendopo Agung Kabupaten Malang, Rabu petang (1/4/2020).

infografis seputar corona

Jadi lanjut Sanusi, warga di tiga wilayah Malang raya tak perlu khawatir bila melintasi batas, selama masih di tiga daerah tersebut, tak akan dilakukan pembatasan. Pengecualian terjadi bagi warga luar Malang raya yang tiba maka akan dilakukan pemeriksaan dan skema pembatasan. Namun, terkait teknisnya seperti apa baik Sanusi dan dua kepala daerah lainnya belum mengetahuinya.

"Kan baru PP (Peraturan Pemerintah)-nya baru diturunkan, Kepres dan juknis (petunjuk teknis) dari menteri kan belum. Cuma kita sudah ada kesepakatan, kalau petunjuk teknisnya sudah turun," terang Sanusi.

Wali Kota Malang Sutiaji mengakui kesepakatan antar-tiga kepala daerah tersebut bilamana opsi PSBB dijalankan. "Satu ada kesepakatan bahwa PSBB jelas ya, pembatasan sosial berskala besar yes, adapun unsurnya masih kita urai lagi," ucap Sutiaji.

Sebagai informasi di Malang raya total pasien positif corona hingga Rabu petang sebanyak 11 orang, dengan rincian lima orang di Kota Malang, lima orang di Kabupaten Malang, dan satu orang di Kota Batu.

(Ari)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini