nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

4 Pasien Positif Corona dan 5 PDP Dinyatakan Sembuh di Sulsel

Herman Amiruddin, Jurnalis · Kamis 02 April 2020 00:02 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 04 01 609 2192680 4-pasien-positif-corona-dan-5-pdp-dinyatakan-sembuh-di-sulsel-boq6jstbyN.jpg ilustrasi

MAKASSAR – Sebanyak empat orang pasien yang sebelumnya dinyatakan positif Covid-19, dinyatakan sembuh. Selain itu, ada lima Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang juga sudah dipulangkan.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Sulsel Ichsan Mustari menyatakan, di Sulsel terdapat empat orang pasien Covid-19 dinyatakan sembuh.

"Alhamdulillah ada empat orang yang sembuh. Insya Allah seiring berjalannya waktu, jumlahnya akan semakin banyak," kata Ichsan pada virtual video conference dengan aplikasi Zoom, Rabu, 1 April 2020.

Ia juga menyampaikan perbedaan data dari statemen yang disampaikan dengan data yang ditampilkan dalam laman resmi. Karena persoalan jeda waktu pengimputan, baik di web covid Pemprov Sulsel dan Kementerian.

"Saya perlu sampaikan bahwa sejak awal angka-angka baik ODP, PDP maupun yang sembuh itu dinamis ya perjam," ujarnya.

Ia menambahkan di Sulsel, dari jumlah pasien positif Covid-19, 75 persen kondisinya membaik. Ia yakin jumlah yang sembuh akan semakin bertambah. "Kita berdoa semoga mereka sehat," ucapnya.

Secara total, jumlah pasien positif Covid-19 di Sulsel sebanyak 66 orang, jumlah orang dalam pemantauan (ODP) 1.072 orang, jumlah pasien dalam pemantauan (PDP) 110 orang, dan lima orang meninggal dunia.

Di sisi lain terdapat pula pasien yang dinyatakan sembuh sebanyak empat orang.

Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, menyampaikan apresiasi atas kerja keras dokter dan tenaga medis lainnya, yang sudah bekerja secara maksimal menangani pasien Covid-19.

Nurdin Abdullah berharap, seluruh masyarakat menjaga imunitas tubuh, demi melawan Covid-19. "Kita berharap memang masyarakat menjaga imunitas tubuhnya. Sekali lagi saya menyampaikan, imunitas tubuh kita harus dijaga. Walaupun positif, itu kan belum tentu mereka berbahaya. Kita harus melawan ini, karena masa inkubasi 14 hari," jelasnya.

Baca Juga : Pemerintah Berencana Gunakan Mesin TCM Deteksi Pasien Gejala Corona

Menurutnya, melakukan isolasi diri merupakan jalan terbaik agar terhindar dari virus mematikan ini. Bagi yang sudah terjangkit virus corona ini, agar tidak menganggap Covid-19 ini sebagai aib keluarga atau pribadi.

"Isolasi mandiri itu jauh lebih baik. Jadi saya minta sekali lagi, korban meninggal disebabkan oleh Covid-19 itu bukan aib dan virus juga tidak menyebar kalau mereka sudah dikuburkan," terangnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini