nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Australia Mulai Pengujian vaksin Virus Corona

Rachmat Fahzry, Okezone · Kamis 02 April 2020 15:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 04 02 18 2193006 australia-mulai-pengujian-vaksin-virus-corona-c0Ni6VvFB1.jpg Partikel virus korona atau Covid-19. (Foto/Kemendagri AS)

SYDNEY - Badan Ilmu Pengetahuan Nasional Australia memulai tahap pertama pengujian vaksin virus corona, Kamis (2/4/2020).

Pengujian dilakukan Commonwealth Scientific and Industrial Research Organisation (Csiro).

Direktur kesehatan Csiro, Rob Grenfell mengatakan tahap pertama pengujian akan memakan waktu sekitar tiga bulan. Ia menambahkan bahwa setiap vaksin yang dihasilkan tidak akan tersedia untuk umum sebelum akhir tahun depan.

"Kami optimis 18 vaksi akan tersedia untuk konsumen umum," kata Dr Grenfell mengutip Reuters, Kamis (2/4/2020).

Dr Grenfell mengatakan para ilmuwan bekerja sanat cepat untuk mencapai tahap pengujian pra-klinis dalam waktu sekitar delapan minggu, sebuah proses yang biasanya memakan waktu hingga dua tahun.

"Jadi, ini adalah kecepatan yang sedang terjadi saat ini," kata dia.

Lebih dari 850.000 orang telah terinfeksi virus corona baru di 207 negara dan wilayah, menewaskan lebih dari 42.000. Australia telah melaporkan sekitar 5.200 kasus dan 24 kematian.

Dr Grenfell mengatakan dia berharap uji coba manusia terhadap salah satu dari dua kandidat vaksin yang diuji akan dimulai akhir bulan ini atau awal bulan depan

Csiro adalah organisasi penelitian pertama di luar China yang berhasil mengembangkan virus yang dikembangkan di laboratorium untuk memungkinkan studi pra-klinis pada Covid-19.

Pada bulan Februari, itu mengkonfirmasi bahwa musang bereaksi terhadap virus corona.

"Jika kita dapat menghentikan virus yang terikat pada reseptor musang dalam sistem pernapasan, ada kemungkinan (vaksin) akan bekerja pada manusia," kata Dr. Grenfell.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini