nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Klaim Bebas Covid-19, Begini Cara Korea Utara Atasi Virus Corona

Rachmat Fahzry, Okezone · Kamis 02 April 2020 16:25 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 04 02 18 2193062 klaim-bebas-covid-19-begini-cara-korea-utara-atasi-virus-corona-Kbsl2VRN7s.jpg Petugas Korea Utara menyemprotkan disinfektan. (Foto/KCNA/Business Insider)

SEOUL - Korea Utara kekeh terbebas dari virus corona meski negara itu langsung berbatasan dengan China, tempat pertama kali muncurl.

Korut yang sudah terisolasi dan bersenjatakan nuklir dengan cepat menutup perbatasannya pada Januari setelah virus pertama kali terdeteksi di China, dan memberlakukan tindakan pengamanan yang ketat.

Pak Myong Su, direktur departemen anti-epidemi Markas Besar Darurat Anti-epidemi Darurat Utara, menegaskan bahwa upaya tersebut sepenuhnya berhasil.

"Sejauh ini tidak ada satu orang pun yang terinfeksi coronavirus baru di negara kami," kata Pak kepada AFP, Kamis (2/4/2020).

"Kami telah melakukan langkah-langkah pre-emptive (pengorbanan besar) dan ilmiah seperti inspeksi dan karantina untuk semua personel yang memasuki negara kami, dan sepenuhnya mendisinfeksi semua barang, serta menutup perbatasan dan memblokir jalur laut dan udara," tuturnya.

Baca juga: Para Gubernur di AS Mengeluh Kurangnya Peralatan Medis

Baca juga: Menteri Kesehatan Israel Didiagnosis Positif COVID-19

Hampir setiap negara lain telah melaporkan kasus virus korona, sementara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan pada Rabu bahwa ada hampir satu juta infeksi kasus virus corona yang dikonfirmasi di dunia.

Selain dari China, Korea Selatan juga negara yang melaporkan kasus tinggi kasus virus corona, sebelum berhasil menekan penyebaran virus.

Para ahli mengatakan Korut sangat rentan terhadap virus corona karena sistem medisnya yang lemah, dan para pembelot menuduh pemerintah Korut menutupi kasus virus corona.

Komandan militer AS di Korea Selatan, Jenderal Robert Abrams, mengatakan bulan lalu dia "cukup yakin" Korea Utara telah mengkonfirmasi kasus-kasus virus itu.

Presiden AS Donald Trump setelah menerima surat dari Korea Utara Kim Jong Un mengatakan bahwa Korut menawarkan kerja sama dalam menangani pandemic virus corona.

Korut yang dikenai beberapa sanksi internasional atas program rudal nuklir telah meminta bantuan terkait virus. 

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini