nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ganjar Minta Rumah Sakit Hati-Hati Kelola Limbah Medis Covid-19

Taufik Budi, Okezone · Kamis 02 April 2020 19:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 04 02 512 2193176 ganjar-minta-rumah-sakit-hati-hati-kelola-limbah-medis-covid-19-j2EjO0neFA.JPG Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo (Foto: Okezone.com)

SEMARANG - Meningkatnya jumlah pasien kasus virus corona (Covid-19) berdampak pada limbah medis yang kian menumpuk. Oleh karenanya, pengelolaan limbah mesti dipastikan aman sehingga tak berdampak pada orang lain maupun lingkungan.

Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo memberi perhatian khusus pada pengelolaan limbah medis utamanya pada kasus Covid-19. Dia memerintahkan seluruh rumah sakit di Jateng memerhatikan pengelolaan limbah medis.

Dia mengatakan, sejak munculnya kasus Antraks, TBC, SARS, dan MERS pengelolaan limbahnya memang dilakukan secara khusus. Perlakuan khusus dilakukan mulai dari awal pembuangan sampai proses pengolahan.

"Jadi kalau mereka masuk biasanya ada tempat sampahnya, biasanya berwarna kuning. Terus diolah, yang biasanya dilakukan oleh profesional dari penyedia jasa yang sudah teruji," kata Ganjar, Kamis (2/4/2020).

"Seluruh rumah sakit harus mengawasi ini karena pasti ada kenaikan kuantitasnya. Maka harus hati-hati," katanya.

Infografis COVID-19

Sampai saat ini lanjut Ganjar, belum ada kendala berarti terkait limbah medis di Jawa Tengah selama penanganan Covid-19. Artinya, semua limbah masih terkelola dengan semestinya.

Namun, dia juga tidak ingin kecolongan nantinya, jika kondisi semakin memburuk.

"Kita mendisiplinkan dan melakukan kontrol agar tidak bocor. Makanya harus disiapkan betul-betul agar tidak bocor," pungkasnya.

(put)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini