nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Ganjar Minta Bupati-Walkot Siapkan Skenario Hadapi Pemudik dari Zona Merah Corona

Taufik Budi, Okezone · Kamis 02 April 2020 19:16 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 04 02 512 2193183 ganjar-minta-bupati-walkot-siapkan-skenario-hadapi-pemudik-dari-zona-merah-corona-ElYz6Jk5QP.jpg Ganjar Pranowo (Okezone.com/Heru)

SEMARANG - Seluruh bupati dan wali kota di Jawa Tengah diminta menyiapkan skenario untuk menghadapi kemungkinan membanjirnya pemudik. Terlebih, arus mudik dari daerah-daerah zona merah virus corona atau Covid-19 seperti DKI Jakarta.

"Seluruh kabupaten/kota untuk menyiapkan diri dalam skenario, termasuk skenario ketika yang di Jakarta kembali ke daerahnya. Maka ini akan bertambah. Bagaimana pencegahan dari sisi kesehatan, jaring pengamanannya," kata Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, Kamis (2/4/2020).

Semakin banyaknya pemudik dari Jakarta masuk daerah, maka kemungkinan persebaran penularan Covid-19 akan bertambah luas. Ganjar pun intens komunikasi dengan bupati dan wali kota di Jateng untuk mengetahui kondisi di lapangan.

Di antaranya dengan Bupati Wonogiri, Joko Sutopo. Menurut Ganjar, Bupati Wonogiri aktif melaporkan dan minta pertimbangan dirinya dalam menangani Covid-19. Termasuk soal relokasi dan realokasi anggaran.

 Virus corona

"Dia berhasil mengumpulkan Rp100 miliar lebih. Menurut saya ini bagus. Nanti daerah lain segera menyiapkan dan langsung dihitung untuk peruntukannya," terangnya.

Ganjar juga mewanti-wanti, agar seluruh kepala daerah tidak terburu-buru untuk mengeluarkan statement atau memutuskan status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Segala aspek harus dipertimbangkan, dari koordinasi sampai kesiapan anggaran.

"Cara ini jauh lebih baik. Daripada statement dulu, nanti kebingungan. Lebih baik, menyiapkan dulu baru statement," katanya.

"Nah Kota Tegal saya minta untuk belajar itu. Karena mereka sudah terlanjur menyiapkan tapi anggarannya belum siap, sekarang saya minta untuk dikejar. Tolong dikejar, Anda siapkan semua agar tidak ada yang ditinggal," lugasnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini