Ilmuwan Unair Kembangkan Vaksin Corona Berbasis Protein Rekombinan

Syaiful Islam, Okezone · Kamis 02 April 2020 11:50 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 02 65 2192857 ilmuwan-unair-kembangkan-vaksin-corona-berbasis-protein-rekombinan-qCYWWoKSj1.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

SURABAYA – Para ilmuwan di Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Jawa Timur sedang berupaya mengembangkan vaksin untuk mengatasi virus corona atau Covid-19. Pengembangan vaksin berbasis protein rekombinan atau protein dari ekspesi DNA rekombinan dalam seh hidup itu masih dalam proses.

"Jika proses pembuatan vaksin ini berjalan dengan lancar maka dapat diperoleh dalam 1 tahun. Lalu sintesis kandidat obat anti Covid-19 dan analisis binding energy dengan metode molecular docking," kata Rektor Unair Prof Moh Nasih, Kamis (2/4/2020).

Untuk mengeluarkan produk yang teruji secara ilmiah, sambung Nasih, peneliti Unair akan terlebih dahulu melakukan publikasi scopus jurnal internasional. Tujuannya agar para ilmuwan bisa berdiskusi bersama dengan peneliti lain terkait penelitian Covid-19 tersebut.

 Virus corona

"Kami tidak ingin mengeluarkan produk yang tidak teruji secara ilmiah. Mudah-mudahan uji klinik bisa dilakukan 1 sampai 2 bulan ke depan. Ini adalah bakal calon sintesis," paparnya.

Selain itu, Nasih juga menjawab beredarnya disinfektan yang selama ini berada di ruang-ruang publik. Pakar Unair memiliki formula dan bahan-bahan yang aman untuk digunakan. Pihaknya akan menggunakan komponen yang bahan dasarnya terbuat dari garam yang memiliki unsur ozon.

"Jika diterapkan maka Insyallah relatif aman. Peneliti Unair harus menaati SOP dan protokoler penelitian untuk mengeluarkan produk atau obat dari Unair," tandasnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini