nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pembeli Misterius Beli Roket Luar Angkasa Seharga Rp93 Miliar di Online Shop

Rahman Asmardika, Okezone · Jum'at 03 April 2020 14:05 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 04 03 18 2193563 pembeli-misterius-beli-roket-luar-angkasa-seharga-rp93-miliar-di-online-shop-KZHSJjfyP0.JPG Foto: Taobao/Weibo.

BEIJING - Seorang pembeli online telah memenangkan peluang untuk meluncurkan roket komersial seharga 40 juta yuan (sekira Rp93 miliar) di China tengah, demikian dilaporkan surat kabar China. Roket komersial itu dijual oleh platform belanja online populer Taobao pada Kamis malam (2/4/2020) dan disiarkan secara langsung.

Menurut laporan People's Daily, roket itu adalah "kendaraan peluncuran kecil" di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, yang telah menggelar sedikitnya delapan peluncuran komersial.

Pembeli diberitahu bahwa mereka dapat mengecat badan roket dan platform peluncuran, dan bahwa mereka dapat mengunjungi lokasi peluncuran dan mengendalikan peluncuran roket tersebut.

Poster-poster menampilkan selebriti Wei Ya yang mengiklankan streaming langsung (live streaming) penjualan roket itu menjadi viral pada Rabu 1 April 2020, membuat banyak orang berspekulasi bahwa iklan itu adalah bagian dari lelucon April Mop.

Tetapi surat kabar nasional Global Times melaporkan bahwa Taobao mengonfirmasi bahwa penjualan itu sungguhan dalam sebuah posting online.

Taobao mengisyaratkan bahwa keputusan untuk menjual pengalaman terbang dengan roket, yang dipimpin oleh pengusaha China, Luo Yonghao itu diambil menyusul jajak pendapat online sebelumnya di mana warganet ditanya apakah mereka lebih suka memenangkan "roket, satelit, pasangan atau tukang bersih-bersih rumah".

China Daily menyebutkan bahwa ini adalah "siaran langsung penjualan roket pertama di dunia" dan streaming langsung telah menarik cukup banyak perhatian di internet.

Lebih dari 620.000 pengguna Weibo telah menggunakan tagar #WeiYaSellsARocket dan lebih dari dua juta pemirsa online menonton untuk menyaksikan penjualan roket tersebut.

Media mencatat bahwa siaran langsung yang ditonton jutaan orang itu, menjadi kesempatan untuk mempromosikan kembali apa yang ditawarkan Wuhan, setelah kota itu jadi perhatian internasional sebagai pusat awal penyebaran virus corona (COVID-19).

Selain mempromosikan Sains dan Teknologi Luar Angkasa dan Teknologi Roket Wuhan, streaming langsung juga diselingi dengan cuplikan yang menyoroti upaya pekerja medis yang rajin di kota itu.

Sejauh ini Taobao belum mengungkapkan nama pembeli roket tersebut.

Ini bukan pertama kalinya pembeli online mengeluarkan jutaan yuan untuk membeli kendaraan.Pada November 2017, dua jet Boeing 747 dibeli di Taobao dalam sebuah lelang online.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini