nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hindari Diperjualbelikan, Masker Sisa Medis Langsung Dipotong

Taufik Budi, Jurnalis · Jum'at 03 April 2020 01:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 04 03 512 2193286 hindari-diperjualbelikan-masker-sisa-medis-langsung-dipotong-rsk2DYJxkt.jpg ilustrasi

SEMARANG - Masker menjadi barang yang paling dicari oleh masyarakat di tengah pandemi virus corona. Pengelolaan limbah medis termasuk masker dari rumah sakit perlu diperketat agar tak disalahgunakan.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengungkapkan, telah menerima aduan pemanfaatan limbah medis, berupa masker. Setelah dibuang, masker-masker yang telah digunakan itu dicuci kemudian diperjualbelikan.

"Makanya tadi saya tanya ke dokter, bagaimana maskernya? Lebih baik digunting setelah digunakan. Sehingga tidak bisa dipakai atau diolah dan dijual," kata Ganjar, Kamis (2/4/2020).

Lebih jauh Ganjar menjelaskan, pemanfaatan ulang limbah-limbah medis tersebut juga sangat membahayakan. Terlebih jika dilakukan oleh pihak yang tidak memiliki kompetensi serta didukung peralatan memadai.

"Karena yang mengambil berbahaya, yang mengolah dan apalagi yang memakai ulang itu berbahaya. Karena pasti pengolahannya tidak seperti di dunia kedokteran atau di rumah sakit. Di sana kan canggih ada pembunuh kumannya, virus dengan cara dan alat-alat yang canggih," jelas dia.

Baca Juga : Estimasi Pandemi Covid-19 Terjadi hingga Juli

Dia juga menyampaikan hingga saat ini belum ada kasus kebocoran limbah medis penanganan Covid-19. Meski demikian, Ganjar meminta seluruh rumah sakit memberikan penngawasan khusus karena jumlah limbah medis bertambah banyak.

"Sampai hari ini belum (ada kasusg. Tapi saya minta semua rumah sakit untuk mengawasi khusus soal ini. Para dirut (direktur utama) mengawasi khusus soal ini, karena kuantitasnya pasti naik sekarang. Karena kuantitasnya naik mesti hati-hati," pungkasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini