nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pandemi Covid-19, Tenggalek dan Kota Batu Bebaskan Pajak dan Retribusi

Avirista Midaada, Okezone · Jum'at 03 April 2020 16:00 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 04 03 519 2193672 pandemi-covid-19-tenggalek-dan-kota-batu-bebaskan-pajak-dan-retribusi-jKb7iJMvRl.jpg Ilustrasi (Dok. okezone)

KOTA BATU – Berbagai cara dilakukan daerah di Indonesia untuk mengurangi beban sejumlah warga yang terdampak pandemi Covid-19 atau virus corona.

Di Kota Batu, Pemkot berinisiatif membebaskan retribusi pasar dan sewa lapak kios di sejumlah tempat kios wisata yang ada di Kota Batu. Tak hanya itu, Pemkot juga membebaskan pajak hiburan dan diskon tagihan PDAM Kota Batu.

“Retribusi pasar dibebaskan, pembebasan sewa bedak di objek wisata akan diberikan untuk keringanan sewa bedak. Kita juga bebaskan pajak hiburan dan diskon bagi pelanggan PDAM sebagai bentuk memberikan keringanan dan kemudahan bagi masyarkat,” ujar Juru Bicara Gugus Tugas Corona Kota Batu, Muhammad Chori, saat konferensi pers beberapa saat lalu.

Sementara itu terpisah di Kabupaten Trenggalek, Bupati Mochammad Nur Arifin telah memutuskan membebaskan pajak restoran, hotel, retribusi sewa lahan, bangunan pemerintahan, serta beberapa objek lain.

“Mereka dibebaskan membayar pajak kepada pemerintah kabupaten hingga status kedaruratan kesehatan dan tanggap darurat bencana dicabut pemerintah,” ungkap Bupati yang kerap dipanggil Cak Ipin.

Menurutnya, langkah itu diambil sebagai kompensasi pemerintah atas kebijakan terkait pengendalian virus corona yang berdampak pada penurunan omzet dan pendapatan para pelaku ekonomi.

“Penerapan physical distancing, serta penutupan tempat hiburan dan wisata. Maka kami sadar akan ada sektor ekonomi dan pelaku ekonomi yang terdampak,” tukasnya.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini