nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Sembilan Narapidana di Rutan Sampang Mendapat Asimilasi Corona

Syaiful Islam, Okezone · Jum'at 03 April 2020 17:01 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 04 03 519 2193713 sembilan-narapidana-di-rutan-sampang-mendapat-asimilasi-corona-ooVosXAzLX.jpeg Rumah tahanan. (Foto: Shutterstock)

SURABAYA – Pimpinan Rumah Tahanan Kelas II B Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, memberikan asimilasi dan bebas penjara kepada sembilan narapidana terkait darurat pandemi corona virus disease atau covid-19 di Indonesia.

Plh Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas II B Sampang Siti Rachimah mengatakan pembebasan narapidana mengacu pada peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2020 tentang syarat pemberian asimilasi dan hak integrasi bagi narapidana dan anak dalam rangka pencegahan dan penanggulangan penyebaran virus corona atau Coronavirus Disease 2019 (Covid-19).

Dari 9 narapidana yang telah dinyatakan mendapat asimilasi dan bebas beryarat, 8 di antaranya laki-laki dan 1 perempuan. Mereka terlibat kasus tindak pidana pencurian serta penyalahgunaan narkoba.

"Sembilan orang yang mengikuti program asimilasi telah menjalani 2/3 masa tahanan. Mereka sudah memenuhi syarat untuk pembebasan dan sudah memenuhi kriteria sesuai aturan dari Kemenkumham," jelasnya, Jumat (10/4/2020).

Info grafis update jumlah pasien virus corona per 3 April 2020. (Foto: Okezone)

Semua narapidana yang bebas bersyarat dan telah menjalankan masa hukuman penjara di bawah lima tahun itu tetap dalam pemantaun petugas Rutan dan Kejaksaan Negeri (Kejari) sampai masa tahanan berakhir di wilayah hukum Sampang.

"Jika mereka melanggar seperti keluar rumah dan kembali melakukan perbuatan hukum, maka akan ditarik kembali ke rutan," lanjutnya.

Apabila masa tahanan 9 narapidana sudah berakhir, perlu menyampaikan laporan ke Rutan Kelas II B Sampang.

"Wajib lapor kembali kepada kami bahwa mereka telah tuntas menjalani masa tahanan," pungkasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini