nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kasus Positif Covid-19 di Sumsel Bertambah 1 Menjadi 12 Orang

Era Neizma Wedya, Jurnalis · Jum'at 03 April 2020 21:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 04 03 610 2193821 kasus-positif-covid-19-di-sumsel-bertambah-1-menjadi-12-orang-ftrLLgCUfz.jpg Ilustrasi (Dok. okezone)

PALEMBANG - Bertambah satu lagi pasien baru yang dikonfirmasi positif terpapar COVID-19, sehingga menjadi 12 pasien positif corona di Sumatera Selatan.

Hal ini disampaikan langsung oleh Gugus tugas pencegahan dan penanggulangan coronavirus disease (COVID-19) Sumatera Selatan, Jum’at (3/4/2020).

Yusri juru bicara gugus tugas pencegahan dan penanggulangan COVID-19 Sumsel mengatakan, pasien dengan nomor kasus 12 merupakan seorang wanita berusia 52 tahun asal Palembang. Pasien ini masih memiliki hubungan keluarga dengan pasien nomor kasus 01, yang meninggal dunia berapa waktu lalu.

"Pasien nomor 12 ini ada hubungan keluarga dengan pasien 01. Tapi kasusnya masuk dalam kategori penularan melalui imported cases atau kasus yang dibawa dari luar," jelasnya.

Berdasarkan analisis tim gugus tugas, kata Yusri, pasien 01 dan 12 yang merupakan pasangan suami istri ini, diduga telah terpapar COVID-19 saat berada di Jakarta. Hanya saja, karena pasien 01 lebih dahulu pulang ke Palembang, maka yang bersangkutan lebih awal terdeteksi.

“Jadi disimpulkan pasien nomor 12 ini memang sudah terjangkit saat sebelum pulang ke Palembang," ungkapnya.

Yusri bilang, saat ini pasien itu menjalani perawatan intensif di ruang isolasi Rumah Sakit DR Mohammad Hosein (RSMH) Palembang, bersama dengan enam pasien positif COVID-19 lainnya.

Sementara itu, Yusri menambahkan jika hingga saat ini sudah ada 86 sampel spesimen yang diambil dari pasien dalam pengawasan (PDP), orang dalam pemantauan (ODP), dan orang tanpa gejala (OTG).

Hasilnya, 12 sampel dinyatakan positif, 43 sampel negatif, dan 31 sampel masih dalam proses pemeriksaan di Balai Besar Laboratorium Kesehatan (BBLK) Palembang.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini