nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Unhas Libur, 85 Mahasiswa Asal Malaysia Pulang Kampung

Herman Amiruddin, Jurnalis · Jum'at 03 April 2020 01:15 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 04 03 65 2193294 unhas-libur-85-mahasiswa-asal-malaysia-pulang-kampung-6jg1yklNcr.jpg Sekira 85 mahasiswa asal Malaysia yang kuliah di Unhas pulang kampung (Foto : Okezone.com/Herman)

MAKASSAR - Pihak kampus Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, meliburkan proses belajar mengajar untuk mencegah penularan virus corona atau covid 19.

Sekaitan dengan itu sebanyak 85 mahasiswa Unhas asal Malaysia di pulangkan ke negara asalnya oleh duta besar Malaysia melalui Bandara Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan.

Mahasiswa asal Malaysia, Muhammad Fahrul Haris mengatakan ia pulang berjumlah sekitar 85 orang dan akan diterbangkan tujuan Jakarta pada pukul 17: 00 wita dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia.

"Kami diminta pulang arahan langsung oleh Dubes. Kami dibantu untuk pulang pakai pesawat. Ya ini terkait pencegahan penularan virus corona," kata Fahrul.

Selain itu mereka juga memilih untuk pulang ke negara asalnya lantaran biaya pengobatan kesehatan untuk warga negara asing atau WNA terbilang mahal di bandingkan biaya pengobatan di negara asalnya yang dijamin oleh pemerintahnya.

"Iya biaya pengobatan mahal kalau di sini. Kita pulang dulu ke malaysia," lanjutnya.

Baca Juga : Estimasi Pandemi Covid-19 Terjadi hingga Juli

Diketahui 85 mahasiswa Unhas ini merupakan mahasiswa dari Fakultan kedokteran yang sudah empat tahun menuntut pendidikan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. "Kami dari fakultas kedokterna unhas. Sudah empat empat tahun di Makassar," ujar Fahrul.

kepulangan mahasiswa asal Malaysia ini diurus langsung oleh Dubes Malaysia, antaran rute penerbangan Indonesia dibatasi oleh pemerintah. "Kami dibantu dubes akan transit di Jakarta kemudian lanjutkan ke Malaysia," kata Fahrul.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini