nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dua Kebakaran Dekat PLTN Tingkatkan Kadar Radiasi di Chernobyl

Agregasi VOA, · Senin 06 April 2020 19:14 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 04 06 18 2195082 dua-kebakaran-dekat-pltn-tingkatkan-kadar-radiasi-di-chernobyl-y03W2RZt7o.jpg Ilustrasi. (Foto: Okezone)

KIEV - Dua kebakaran hutan yang terjadi di dekat Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Chernobyl di Ukraina yang kini telah ditutup telah menyebabkan peningkatan kadar radiasi di daerah itu. Petugas pemadam kebakaran Ukraina bekerja hingga Minggu malam (5/4/2020) untuk memadamkan api.

Dinas darurat menyatakan salah satu kebakaran yang meluas ke daerah seluas sekira lima hektare telah ditanggulangi. Kebakaran lainnya melalap daerah yang lebih luas, sekira 20 hektare, demikian diwartakan VOA, Senin (6/4/2020). 

Para petugas pemadam menyatakan kadar radiasi di daerah dekat Chernobyl jauh lebih tinggi daripada normalnya. Meski begitu, dinas darurat menyatakan kadar radiasi di Ibu Kota Ukraina, Kiev, yang berjarak sekira 100 kilometer di sebelah selatan, masih berada dalam kisaran normal.

Kebakaran itu terjadi di dalam zona dilarang masuk yang dibentuk setelah ledakan yang terjadi di PLTN Chernobyl pada 1986. Zona tersebut memiliki luas hingga 2.600 kilometer persegi yang sebagian besarnya dikosongkan karena kontaminasi radioaktif.

Namun, sekira 200 orang masih tetap tinggal di daerah tersebut, mengabaikan perintah untuk pergi.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini