nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rumah Sakit UNS Kini Jadi Rujukan Pasien Corona

Bramantyo, Okezone · Selasa 07 April 2020 00:05 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 04 06 65 2195159 rumah-sakit-uns-kini-jadi-rujukan-pasien-corona-MgmPMSubNj.jpg RS UNS ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan pasien Covid-19 (Okezone.com/Bramantyo)

SOLO - Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menunjuk Rumah Sakit Universitas Sebelas Maret (RS-UNS), Solo, Jawa Tengah sebagai salah satu rumah sakit rujukan penanganan Corona Virus Disease (Covid-19). Rumah sakit itu punya fasilitas cukup untuk menangani pasien corona, dari ruang isolasi hingga laboratorium.

Rektor UNS Prof Jamal Wiwoho mengatakan, Rumah Sakit UNS memang sudah mempersiapkan diri untuk menghadapi wabah Covid-19, baik dari sisi sarana-prasarana seperti laboratorium, ruang isolasi, pemeriksaan dan perawatan pasien Covid-19 sesuai standar WHO dan Kemenkes.

"Hanya ada beberapa perguruan tinggi yang ditunjuk sebagai lab untuk pemeriksaan pasien Covid-19, salah satunya di sini (RS UNS)," kata Jamal kepada Okezone, Senin (5/4/2020).

Menurut Jamal, lantai V RS UNS sudah dipersiapkan untuk ruang perawatan bagi pasien Covid -19. Daya tampungnya sampai 45 pasien.

"Jika lantai V masih kurang akan ditambah lagi di lantai VI. Jika masih kurang juga kami konsenterasikan semua lantai di RS ini untuk menangani penderita Covid-19," ujar Jamal.

 Virus corona

Seluruh petugas medis dan karyawan RS UNS sudah mendapatkan sosialisasi tentang virus corona. Pihak RS juga sudah mempersiapkan alat pelindung diri (APD) untuk tim medis dalam menangani pasien.

Selain itu, UNS juga menyiapkan ruang yang bisa dijadikan mess bagi petugas medis yang menangani pasien corona.

"Jika diperlukan (dalam keadaan terburuk) UNS INN bisa dimanfaatkan untuk para petugas medis di RS UNS untuk bisa beristirahat karena mereka tidak bisa pulang ke rumah," imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut civitas akademika UNS dan keluarga besar UNS, Ikatan Keluarga Alumni UNS (IKA UNS), Dharma Wanita Persatuan UNS yang tergabung dalam UNS Peduli Covid-19 memberikan bantuan APD, hand sanitizer, masker juga ventilator.

"Kita bareng-bareng hari ini untuk menyerahkan serangkaian bantuan untuk Termasuk memberikan bantuan akomodasi dan konsumsi untuk Satgas Covid-19 RS UNS," pungkasnya.

(sal)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini