nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Dewan Keamanan PBB akan Gelar Pertemuan Pertama Membahas Virus Corona Pekan Ini

Agregasi VOA, · Selasa 07 April 2020 12:54 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 04 07 18 2195406 dewan-keamanan-pbb-akan-gelar-pertemuan-pertama-membahas-virus-corona-pekan-ini-jJuvjmh36Z.jpg Foto: Reuters.

NEW YORK – Dewan Keamanan PBB akan menggelar pertemuan pertama guna membahas pandemi virus corona (COVID-19) pada Kamis (9/4/2020), demikian menurut keterangan para diplomat. Pertemuan itu digelar setelah perpecahan yang terjadi antara lima anggota tetap Dewan Keamanan yang telah berlangsung selama beberapa pekan.

Pekan lalu, jengkel karena perdebatan, termasuk antara China dan Amerika Serikat (AS), yang membuat Dewan Keamanan terhenti, sembilan dari 10 anggota tidak tetap secara resmi meminta digelarnya pertemuan. Pertemuan itu akan diisi presentasi oleh Sekretaris Jenderal Antonio Guterres

"Rapat dikonfirmasi akan dilakukan hari Kamis," ujar seorang diplomat yang tidak mau namanya disebut, kepada kantor berita AFP. Rapat akan diadakan tertutup pada pukul 15.00 waktu Amerika timur.

Belum jelas apa bentuk pertemuan yang akan dilakukan, atau apa yang bisa dicapai: apakah negara-negara anggota akan menunjukkan kesatuan dalam krisis global dan bersedia bekerja sama, atau langsung mencapai kesepakatan.

Pekan lalu, Majelis Umum PBB mengesahkan secara konsensus resolusi yang menyerukan "kerja sama internasional" dan "multilateralisme" dalam perang melawan COVID-19 – pernyataan pertama dari badan dunia itu sejak wabah dimulai.

Amerika telah lama menuntut agar pertemuan atau pernyataan apa pun menetapkan bahwa virus itu pertama kali muncul di China, tuntutan yang membuat Beijing gelisah.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini