nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kondisi Harimau yang Positif Virus Corona Membaik

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Selasa 07 April 2020 14:44 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 04 07 18 2195487 kondisi-harimau-yang-positif-virus-corona-membaik-zgYpWVZRHh.jpg Foto/Bronxzoo

NEW YORK – Kondisi seekor harimau di New York, Amerika Serikat yang positif virus corona sudah membaik setelah mendapat perawatan dan pengobatan.

"Kasih sayang yang penuh dari para penjaga dan sejumlah obat anti inflamasi membuat kondisinya membaik," kata Paul Calle, kepala dokter hewan Wildlife Conservation Society Kebun Binatang Bronx mengutip Reuters, Selasa (7/4/2020).

Beberapa dari empat harimau dan tiga singa mendapat juga antibiotik. Semuanya mengalami penyakit ringan dan diharapkan sepenuhnya pulih, katanya.

Nadia, harimau Malaysia berusia 4 tahun menolak makan dan satu-satunya yang positif COVID-19.

Pemeriksaan swab hidung dan tenggorokan serta cairan saluran udara dari paru-parunya dikirim ke sekolah kedokteran hewan di Cornell University dan University of Illinois, yang melakukan uji COVID terhadap binatang.

"Ini bukan kompetisi antara pengujian manusia dan binatang," kata Calle.

Dalam pernyataannya, kebun binatang mengungkapkan bahwa harimau bernama Nadia itu, saudara perempuannya Azul, serta dua harimau Amur dan tiga singa Afrika, menderita batuk kering dan semuanya diharapkan pulih sepenuhnya.

Penjaga kebun binatang meyakini kucing-kucing besar tersebut telah terinfeksi virus corona.

"Kami menguji kucing itu (Nadia) dengan sangat hati-hati dan akan memastikan setiap pengetahuan yang kami peroleh tentang Covid-19 akan berkontribusi pada pemahaman dunia yang berkelanjutan tentang virus corona baru ini," demikian disampaikan kebun binatang dalam sebuah pernyataan yang dilansir BBC.

Hewan-hewan itu memang memiliki sedikit penurunan nafsu makan tetapi selain dari gejala itu, mereka dalam keadaan baik-baik saja di bawah perawatan dokter hewan, dan ceria, waspada, serta interaktif dengan perawat mereka.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini