nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Cegah Corona, Perbatasan di Majalengka Akan 24 Jam Awasi Pemudik Masuk

Fathnur Rohman, Okezone · Selasa 07 April 2020 14:06 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2020 04 07 525 2195460 cegah-corona-perbatasan-di-majalengka-akan-24-jam-awasi-pemudik-masuk-bMFJfv5edq.jpg Ilustrasi (Dok. okezone)

MAJALENGKA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Majalengka, Jawa Barat mendirikan posko-posko di setiap perbatasan dan tempat strategis di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Hal tersebut dimaksudkan untuk mencegah terjadinya penyebaran virus corona (Covid-19).

Bupati Majalengka Karna Sobahi menjelaskan, pihaknya memang sengaja mendirikan posko-posko tersebut. Nantinya, posko itu akan bersiaga selama 24 jam, dengan melakukan pemeriksaan secara ketat, terhadap masyarakat yang masuk dan keluar dari Kabupaten Majalengka. Utamanya adalah para pendatang serta pemudik.

"Tujuannya mengendalikan masyarakat dari berbagai daerah, yang keluar masuk wilayah Majalengka, dengan diberlakukan Protokoler Covid-19," kata Karna dalam keterangan yang diterima Okezone, Selasa (7/4/2020).

Karna menyebutkan, posko-posko ini terletak di sejumlah titik. Yakni, di Kecamatan Lemasugih, Kecamatan Malausma, Kecamatan Cingambul, Kecamatan Cikijing, Kecamatan Sindangwangi, Kecamatan Sumberjaya, Kecamatan Ligung, Kecamatan Jatitujuh, Kecanatan Kertajati, dan Kecamayan Kadipaten.

"Total semua posko yang dibangun itu ada 10. Hanya di Kecamatan Sumberjaya dan Kecamatan Cingambul yang dibuat dua posko, " tambah Karna.

Lebih lanjut ia menerangkan, setiap petugas di posko itu akan memeriksa secara ketat masyarakat yang keluar atau masuk ke Kabupaten Majalengka. Apabila terindikasi ada yang sakit dengan ditandai demam tinggi, batuk, sesak napas, dan sebagainya, maka mereka kemudian dibawa ke puskesmas terdekat atau dirujuk ke RSUD Majalengka.

"Kalau yang tidak terindikasi harus tetap isolasi diri di rumah. Yang kita intens persiapkan adalah penanganan dampak sosial ekonomi masyarakat akibat Covid-19," tutur Karna.

Sekedar informasi, pasien dalam pengawasan (PDP) di Kabupaten Majalengka yang semula dinyatakan sembuh semua, kini kembali diisi oleh 2 orang. Sedangkan orang dalam pemantauan (ODP) tersisa 187 jiwa. Adapun pasien positif Covid-19 jumlahnya masih tetap, yaitu satu orang.

(kha)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini