nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

India Cabut Larangan Penjualan Obat Malaria untuk Pengobatan Virus Corona

Agregasi VOA, Jurnalis · Rabu 08 April 2020 15:27 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 04 08 18 2196142 india-cabut-larangan-penjualan-obat-malaria-untuk-pengobatan-virus-corona-B0rZAc8lii.jpg ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

INDIA telah mencabut aturan larangan ekspor terbatas obat anti-malaria yang diinginkan oleh Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Hydroxychloroquine telah menarik perhatian sebagai obat untuk merawat virus corona (COVID-19), meskipun sejauh ini tidak ada bukti konklusif bahwa obat itu dapat melawan infeksi.

Pada Senin (6/4/2020), Trump mengatakan kepada wartawan dalam konferensi pers di Gedung Putih bahwa akhir pekan lalu dia telah meminta Perdana Menteri Narendra Modi untuk memastikan tersedianya pasokan Hydroxychloroquine (HCQ). Trump menyebut obat itu penting untuk COVID-19.

India adalah salah satu produsen dan pemasok obat generik utama dunia itu, dan telah mencabut larangan eksor yang diterapkan pada Hydroxychloroquine, demikian diwartakan VOA.

“Mengingat pandemi global, kini telah diputuskan bahwa India akan mengizinkan pembuatan parasetamol dan HCQ dalam jumlah yang sesuai di semua negara tetangga kami, serta negara-negara lain yang telah terkena dampak buruk pandemi tersebut,” demikian disampaikan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri India Anurag Srivastava pada Selasa (7/4/2020).

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini