nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

18 Dokter di Jepang Terpapar Virus Corona Usai Pulang Pesta

Rachmat Fahzry, Okezone · Rabu 08 April 2020 15:51 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 04 08 18 2196160 18-dokter-di-jepang-terpapar-virus-corona-usai-pulang-pesta-708HicSpOp.jpg Ilustrasi (Okezone)

TOKYO - Sebanyak 18 dokter peserta pelatihan di salah satu rumah sakit paling bergengsi di Jepang, terinfeksi virus corona setelah menghadiri pesta dengan rekan-rekannya.

Rumah Sakit Universitas Keio, di Tokyo, mengakui bahwa satu dokter peserta pelatihan dinyatakan positif virus pada minggu lalu dan 17 lainnya dinyatakan positif minggu ini.

Rumah sakit mengkonfirmasi bahwa 40 peserta pelatihan telah menghadiri pesta minum setelah bekerja.

Sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh direktur rumah sakit Yuko Kitagawa mengatakan, "Apa yang terjadi adalah kesalahan yang tak termaafkan dari para dokter peserta pelatihan kami.

"Mereka sangat kurang memiliki kesadaran diri untuk menjadi dokter."

Gubernur Tokyo Yuriko Koike mengimbau warga tinggal di rumah pada akhir pekan dan menahan diri pada malam hari untuk menekan penyebaran virus corona.

Rumah sakit mengakui bahwa pesta berlangsung pada 26 Maret, sehari setelah imbauan Gubernur Koike.

Perdana Menteri Shinzo Abe pada Selasa, 7 Maret malam mengumumkan status darutat, termasuk Tokyo.

Keadaan darurat selama sebulan akan menargetkan Tokyo dan enam prefektur lainnya.

Infeksi virus corona di Tokyo meningkat dua kali lipat menjadi sekitar 1.200 dalam sepekan terakhir. Secara nasional, kasus telah meningkat 4.000 dengan 93 kematian pada hari Senin.

Osamu Nishida, ketua Perhimpunan Pengobatan Perawatan Intensif Jepang, mencatat bahwa Jepang hanya memiliki lima tempat tidur ICU per 100.000 orang, dibandingkan dengan 12 di Italia dan sekitar 30 di Jerman.

Namun Abe mengatakan pemerintah pusat telah menyendiakan 25.000 tempat tidur dan 8.000 ventilator.

(fzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini