nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kapal Induk Prancis Pulang Lebih Awal Setelah 40 Awak Tunjukkan Gejala COVID-19

Rahman Asmardika, Jurnalis · Rabu 08 April 2020 19:08 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2020 04 08 18 2196279 kapal-induk-prancis-pulang-lebih-awal-setelah-40-awak-tunjukkan-gejala-covid-19-zdqX2vAZ6J.jpg Kapal induk Charles de Gaulle. (Foto: Reuters)

PARIS - Kapal induk Perancis, Charles de Gaulle akan kembali ke pelabuhan asalnya lebih awal setelah sekitar 40 awak kapalnya menunjukkan tanda-tanda terinfeksi virus corona dan gejala COVID-19. Kementerian angkatan bersenjata menyatakan bahwa para personil yang diduga sakit berada di bawah pengawasan medis yang ketat di atas kapal induk bertenaga nuklir itu.

"Kasus pertama menunjukkan gejala baru-baru ini," kata kementerian itu dalam sebuah pernyataan yang dilansir Reuters pada Rabu. "Tidak ada tanda-tanda kasus yang memburuk di antara pasien."

Juru bicara kepala angkatan bersenjata mengatakan bahwa Charles de Gaulle akan berlabuh di Toulon, Prancis selatan dalam beberapa hari ke depan. Sebelumnya kapal induk bertenaga nuklir itu dijadwalkan kembali ke Prancis pada 23 April.

Charles de Gaulle berlayar ke Mediterania timur pada 21 Januari untuk mendukung operasi militer Prancis melawan militan Islam di Irak dan Suriah, sebelum dikerahkan ke Atlantik dan kemudian Baltik.

Ada 1.760 personel di dalam kapal itu.

Sebuah tim yang dilengkapi untuk melakukan tes infeksi virus corona telah dikirim ke kapal dan dijadwalkan mendarat pada Rabu. Mereka dilengkapi dengan fasilitas perawatan intensif sendiri.

Pekan lalu, Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) memecat kapten kapal induk Theodore Roosevelt dari komandonya, setelah membocorkan surat yang ia kirim ke atasan untuk meminta bantuan mencegah wabah virus corona di atas kapalnya.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini