nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

51 Kabar Hoaks Corona Beredar di Kalimantan Tengah

Sigit Dzakwan, Jurnalis · Rabu 08 April 2020 13:47 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 04 08 340 2196054 51-kabar-hoaks-corona-beredar-di-kalimantan-tengah-DhsPSIQCfU.jpg ilustrasi

PALANGKA RAYA - Sejak Januari hingga Maret 2020 atau kurang lebih tiga bulan, Polda Kalimantan Tengah menemukan 150 informasi bohong atau hoaks yang tersebar melalui media sosial. 51 di antaranya terkait berita virus corona atau covid-19.

Kabid Humas Polda Kalteng, Kombes Pol Hendra Rochmawan saat pers mengatakan, ratusan informasi palsu atau hoaks tersebut ditemukan saat patroli diinternet.

“Dari bulan Januari sampai Maret 2020 ada sekitar 150 berita hoax yang kami temukan bertebaran di media sosial para warga net. Semua berita hoax tersebut sudah diberikan stempel hoax oleh Humas Polda Kalteng,” ujar Hendra, Rabu (8/4/2020).

Ia melanjutkan, ratusan informasi tidak benar yang bertebaran di publik tersebut ada 51 informasi atau berita hoax tentang corona.

Terhadap para warganet yang tidak bijak bermedia sosial tersebut sudah dilakukan pembinaan oleh Bidhumas Polda Kalteng. “ Sudah ada 85 orang warganet yang sudah kita lakukan pembinaan dan diminta untuk tidak lagi mengulangi perilaku tidak bijak bermedia social,” ujarnya.

“Rincian warganet yang kita panggil berdasarkan kesalahannya yakni 35 orang menyebarkan hoax, 15 penyebar pornografi, 9 orang mengunggah ujaran kebencian, 4 orang melakukan bulying, 1 orang menyebarkan isu SARA dan 17 orang problem Solving,” tambahnya.

Baca Juga : Pulang dari Dikjur Lemdikpol di Sukabumi, 16 Polisi Asal Bali Dikarantina

Masih maraknya penyebaran berita hoaks yang beredar saat ini berkaitan dengan wabah corona, Hendra sangat mengharapkan para warganet di Kalimantan Tengah untuk tidak membuat panik dengan berita-berita tidak benar dan meresahkan yang lain.

“Setiap informasi yang diperoleh harus dilihat dan disaring dulu kebenaran dan sumbernya. Karena ada pihak yang lebih berkompeten terkait berita soal Corona,” pungkasnya.

(aky)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini