nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

KLB Corona, UNP Perpanjang Kuliah secara Daring Sampai Juni Mendatang

Rus Akbar, Jurnalis · Rabu 08 April 2020 21:27 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2020 04 08 65 2196340 klb-corona-unp-perpanjang-kuliah-secara-daring-sampai-juni-mendatang-HNLhwhg2xc.jpg Ilustrasi kuliah secara daring. (Foto: Dok Okezone)

PADANG – Universitas Negeri Padang (UNP) memperpanjang kuliah secara daring (online) sampai Juni mendatang, termasuk ujian akhir semester, dampak mewabahnya corona virus disease atau covid-19.

Rektor UNP Ganefri mengatakan pelaksanaan perkuliahan untuk semester Januari–Juni 2020 dilaksanakan secara daring dengan melalui http://elearning.unp.ac.id atau media daring lainnya sampai akhir semester mendatang.

Ujian akhir semester juga dilaksanakan secara daring sesuai jadwal yang telah ditetapkan yaitu 8–19 Juni 2020.

"Perkuliahan online sudah dilakukan sejak tiga minggu sebelumnya akibat wabah corona," katanya di Kota Padang, Sumatera Barat, Rabu (8/4/2020).

Kebijakan tersebut ditegaskan melalui Surat Edaran Rektor UNP Nomor 1593/UN35/AK/2020 tanggal 6 April 2020 tentang Kegiatan Kampus dalam Rangka Kewaspadaan Pandemi Covid-19.

Hal ini dilakukan sehubungan dengan usaha pencegahan persebaran virus corona yang semakin meluas dan di Sumatera Barat telah berstatus kejadian luar biasa (KLB).

"Bagi mahasiswa yang kesulitan dalam pengambilan data penelitian penulisan skripsi dapat diganti dengan penulisan artikel ilmiah atau review jurnal ilmiah. Khusus untuk wisuda Juni 2020 dan ujian tugas akhir (skripsi, tesis, disertasi) dilaksanakan secara online, dan bagi mahasiswa S-3 yang akan ujian terbuka diganti dengan memublikasikan artikel ilmiah di media cetak dan daring yang khusus untuk wisuda Juni 2020," jelasnya.

Lebih lanjut, kata Ganefri, surat edaran tersebut juga menegaskan bahwa pelaksanaan praktikum dapat dilakukan dalam bentuk penugasan, virtual reality, simulasi, rekaman video, dan lain-lain sehingga keterampilan atau kompetensi minimal dapat diperoleh mahasiswa.

"Bagi mahasiswa UNP yang terdaftar pada semester ini, dosen dan tenaga kependidikan diberikan akses internet gratis ke seluruh layanan daring UNP seperti e-learning, portal akademik, sistem wisuda, dan layanan daring lainnya," jelasnya.

Ia juga mengimbau seluruh warga UNP untuk terus bahu-membahu menghentikan persebaran virus corona. Kemudian mengedukasi masyarakat akan bahaya virus corona dan meringankan beban masyarakat yang terdampak.

Sebelumnya dia juga sudah mengeluarkan surat edaran, rencananya kuliah secara daring dilakukan pada 16 Maret sampai 17 April, namun kondisi yang tidak mungkinkan akhirnya diperpanjang sampai Juni mendatang.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini