nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pangkalan Udara AS di Afghanistan Dihantam Roket, IS Klaim Bertanggung Jawab

Rahman Asmardika, Okezone · Kamis 09 April 2020 17:48 WIB
https: img.okeinfo.net content 2020 04 09 18 2196823 pangkalan-udara-as-di-afghanistan-dihantam-roket-is-klaim-bertanggung-jawab-eiOIILZCQM.jpg Foto: Reuters.

KABUL - Lima roket menghantam pangkalan udara utama Amerika Serikat (AS) di Afghanistan pada Kamis (9/4/2020) tanpa menimbulkan korban. Kelompok militan Negara Islam (IS) mengklaim bertanggung jawab atas serangan tersebut. 

Serangan itu terjadi beberapa pekan setelah gerilyawan Taliban dan Amerika Serikat mencapai kesepakatan mengenai penarikan pasukan internasional pimpinan-AS sebagai imbalan atas jaminan keamanan Taliban. Militan Negara Islam tidak termasuk dalam perjanjian tersebut.

"Lima roket ditembakkan di lapangan udara Bagram pagi ini," demikian disampaikan Misi NATO di Afghanistan, Resolute Support di Twitter, merujuk pada pangkalan udara utama AS di utara Ibu Kota Kabul. "Tidak ada korban."

Melalui pernyataan di media sosial yang dilansir Reuters, IS menyatakan bahwa pejuang mereka menargetkan landasan pendaratan helikopter di Bagram.

Seorang juru bicara Taliban mengatakan di Twitter bahwa kelompoknya tidak berada di belakang serangan itu.

Kelompok afiliasi IS di Afghanistan yang dikenal sebagai Negara Islam Khorasan (ISIS-K) pertama kali muncul di Afghanistan timur pada 2014, dan sejak itu telah bergerak dan menguasai daerah-daerah lain, terutama utara.

Militer AS memperkirakan kekuatan mereka ada 2.000 pejuang. Beberapa pejabat Afghanistan memperkirakan jumlahnya lebih tinggi.

(dka)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini