Gempa Magnitudo 4,3 Guncang Pangandaran, Getarannya Terasa hingga Tasikmalaya

Arie Dwi Satrio, Okezone · Kamis 09 April 2020 15:45 WIB
https: img.okezone.com content 2020 04 09 525 2196723 gempa-magnitudo-4-3-guncang-pangandaran-getarannya-terasa-hingga-tasikmalaya-fAvF67FcOG.jpg Ilustrasi (Shutterstock)

JAKARTA – Daerah Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat (Jabar) diguncang gempa berkekuatan magnitudo 4,3 pada Kamis (9/4/2020) sekira pukul 14.20 WIB. Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa terletak pada koordinat 8.14 LS dan 107.89 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 82 km Barat Daya Kabupaten Pangandaran dengan kedalaman 23 kilometer.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi Dangkal akibat aktivitas Zona Subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyelusup menunjam ke bawah Lempeng Eurasia," kata Kepala Stasiun Geofisika Klas I Bandung, Tony Agus Wijaya melalui pesan singkatnya, Kamis (9/4/2020).

Akibat gempa di Pangandaran, beberapa wilayah di Jawa Barat merasakan getarannya. Getaran gempa terasa di Ciamis, Pangandaran, hingga Tasikmalaya. BMKG belum memperoleh informasi lanjutan terkait dampak materiil ataupun ada tidaknya korban jiwa akibat gempa tersebut.

"Gempa bumi ini dirasakan di wilayah Ciamis dengan Skala Intensitas II - III MMI, di Pangandaran dengan Skala Intensitas II - III MMI, di Kabulaten Tasikmalaya dengan Skala Intensitas II - III MMI, dan di Kota Tasikmalaya dengan Skala Intensitas II - III MMI. Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," bebernya.

Hingga pukul 14.45 WIB, hasil monitoring BMKG mencatat belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan. BMKG mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

(erh)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini